PT PLN Bangun PLTMG BIMA 50 MW dan PLTU 1 NTB 2 10 MW

Kota Bima, Kahaba.- PT PLN (Persero) UPP Sumbawa saat ini telah memulai tahapan pembangunan PLTMG 50 MW dan PLTU 1 NTB 10 MW. Kegiatan sekaligus merangkai kegiatan dengan menggelar do’a dan syukuran bersama jajaran dan masyarakat.

Foto bersama jajaran PT PLN Persero UPP Sumbawa saat doa dan syukuran pembangunan PLTMG 50 MW dan PLTU 10 MW. Foto: Eric

Manager PT PLN Persero UPP Sumbawa, Ahmad Shofwan Haryadi menjelaskan, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) bertenaga 50 MW itu yang terbaru, sedangkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) merupakan proyek lanjutan yang dulunya sempat terkendala pada tahun 2008 lalu.

“Untuk pembangunan PLTMG dan PLTU ini segera akan dikerjakan bulan ini, dengan perkiraan pembangunan akan rampung pada akhir tahun 2018,” ujarnya, Jumat (14/7).

Pembangunan dua proyek tersebut untuk mencukupi pasokan listrik di pulau Sumbawa. Sebab berdasarkan data yang dimiliki, saat ini kebutuhan pelayanan listrik di terhadap PLN mencapai 40 MW.

“Tentu dengan penambahan daya dari PLTMG dan PLTU yang berjumlah 70 MW maka kebutuhan listrik masyarakat bisa terlayani dengan baik,” tuturnya.

Menurut Shofwan, kenapa pilihan pembangunan pembangkit ditujukan di pulau Sumbawa. Karena sesuai dengan arahan dan perintah pemerintah pusat. Bahwa wilayah Indonesia bagian timur, telah menjadi perhatian akan pembangunan infrastruktur listrik yang selama ini kurang terpenuhi.

“PT PLN berkomitmen, selain akan dibangunannya pembangkit listrik, kami juga membangun pembangkit transmisi. Untuk menyalurkan daya pembangkit, di setiap PLTU se Pulau Sumbawa,” bebernya.

Selain pembangunan pembangkit di Kota Bima sambungnya, PT PLN juga sedang memulai tahapan pembangunan PLTMG 50 MW, yang berada di Labuan Badas, Sumbawa Besar dan PLTU Sumbawa Barat 2×7 MW di Taliwang. Tentu dengan pasokan tambahan daya di Sumbawa, dan juga di Kota Bima PASOKAN listrik menjadi lebih besar, sehingga dapat mampu menjawab kebutuhan listrik se-Pulau Sumbawa.

“Harapan kami, melalui keandalan kelistrikan di pulau Sumbawa yang mulai dibangun ini dapat menjawab semua kebutuhan pelanggan. Karena apa yang kami lakukan, sesuai dengan program pemerintah pusat,” imbuhnya.

Sementara itu Pemerintah Kota Bima melalui Sekretaris Kecamatan Asakota, Sirajuddin berterimakasih atas pembangunan yang dilakukan pihak PT PLN, karena dapat menjawab pasokan listrik di daerah.

“Atas nama pemerintah daerah, kami ucapkan terimakasih. Semoga dengan kehadiran PLTMG dan PLTU, dapat memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan,” ucapnya.

Kegiatan persemian tersebut turut dirangkai dengan penyerahan dana bantuan untuk perbaikan dua Masjid di Kelurahan Kolo. Yaitu Masjid Al Badariah dan Babul Hikmah, masing-masing senilai Rp 20 juta.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *