Lomba Pemanfaatan Pekarangan Dinilai Tim DKP

Kota Bima, Kahaba.- Tim penilai dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bima dengan PKK, Selasa (18/7) turun di Kelurahan Santi menilai lomba pemanfaatan pekarangan rumah atau Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Tim DKP saat menilai Lomba KRPL di Kelurahan Santi. Foto: Ady

Lomba ini diadakan rutin tiap tahun dan dilaksanakan secara berjenjang hingga tingkat nasional. Untuk tahun ini, ada 5 kelompok wanita tani yang mengikuti. Masing-masing satu kecamatan diwakili satu kelurahan dan satu kelompok.

Sekretaris DKP Kota Bima, Carma Sanjaya menjelaskan, KRPL merupakan program pemerintah pusat. Melalui program ini, pemerintah membantu masyarakat terutama ibu-ibu rumah untuk lebih kreatif memanfaatkan pekarangan rumah.

“KRPL dikembangkan di seluruh Indonesia, ini sangat membantu untuk ibu-ibu rumah tangga,” jelasnya.

Terkait program ini kata dia, dinas menfasilitasi mulai dari bibit, manajemen, pelatihan dan pendampingan terhadap kelompok KRPL. Kelompok tinggal menjalankan apa yang sudah diprogramkan pemerintah. Adapun kendala dan permasalahan di lapangan lanjutnya, akan difasilitasi pemerintah.

“Nah, ini bagian dari lomba pemanfaatan pekarangan rumah. Kelurahan yang dinilai hari ini ada tiga, yakni Santi, Tanjung dan Melayu. Hari kedua dilanjutkan di Rabangodu Selatan  dan Lampe,” jelasnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *