Dubes Australia Berkunjung ke Bima

Kabupaten Bima, Kahaba.- Rangkaian Kunjungan Kerja Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty  di Provinsi NTB Rabu Siang (26/9) memasuki di Pulau Sumbawa untuk meninjau proyek jalan negara sepanjang 80 km yang didanai dalam kerangka program infrastruktur AusAID di Pulau Sumbawa. Ungkap Dubes Melalui siaran persnya.

Dubes Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty mendapatkan kalungan bunga setibanya di Bandara Sultan Salahuddin, Rabu (26/9)/foto: Humas Pemkab Bima

Menurut Greg Moriarty, jalan ini akan memperkuat perekonomian kota-kota di Sumbawa Besar dan Bima, dan mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial di wilayah timur Indonesia.

Dubes  memaparkan  Sekitar 1.500 kendaraan akan melintas di jalan ini per hari, mendukung berbagai kegiatan perekonomian seperti pertanian, perikanan dan pariwisata.

Moriarty  dalam wawancara singkatnya dengan sejumlah media di Bandara Sultan Salahudin Bima memaparkan, kunjungan ke Bima dan Dompu untuk melihat proyek yang didanai dalam kerangka kerja sama pemerintah Australia dan Indonesia. Di samping juga melihat potensi yang bisa dikembangkan.

Terkait kunjungannya di NTB, Dubes Greg Morierty menyatakan, ada beberapa pertemuan dengan pemerintah provinsi dan kabupaten di NTB dengan agenda yang bermacam-macam. Australia berkomitmen untuk bekerjasama dengan pemerintah Indonesia di Provinsi Nusa Tenggara Barat dimana angka kemiskinan di kawasan timur Indonesia masih tinggi.

Disamping itu, “hasil kerja AusAID di kawasan ini telah mendorong masyarakat untuk memiliki suara terhadap kebutuhan layanan dasar yang diberikan oleh pemerintah daerah seperti layanan kesehatan, pendidikan dan pembangunan ekonomi,” ujar  Moriarty.

Tiba di VIP Room bandara, Dubes disambut Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin, H.M. Nur, M.Pd dan mendapat kalungan selendang Bima diiringi tarian Wura bongi Monca ole para penari yang berpakaian adat Bima.

Dari pemerintah Kabupaten Bima, rombongan diterima Wakil Bupati H. Syafrudin H.M. Nur, M.Pd, FKPD dan para pejabat eselon II lingkup Pemkab Bima. Jam 11.00, rombongan selanjutnya bertolak ke kabupaten Dompu. Seusai meresmikan jalan EINRIP di Kabupaten Dompu, dijadwalkan Duta Besar Australia, akan bertemu dengan Pemerintah Kabupaten Dompu dan Bima serta Kota Bima. Selain bertemu dengan Pimpinan tiga wilayah ini, Greg Moriarty juga akan bertemu dengan sejumlah pengusaha di Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima.

Dubes didampingi para Diplomat Lesley Adelle Neary, Jacqui De Lacy  (AusAID), Banjamin Koster, Daniel Hunt (AIPD), Anja Kusuma (AIPD), Heru Purwono, Teguh Santoso dan Manager Public Affairs Kedutaan Besar Australia Mia Salim. Ia rencananya akan kembali ke Jakata, Kamis, 27 September 2012. [BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *