Pemkot Bima Canangkan Gerakan Bersih Pantai dan Sungai

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melaui Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Mahasiswa KKN UGM di Kota Bima mencanangkan Gerakan Bersih Pantai dan Sungai. Kegiatan pencanangan dilaksanakan di Pantai Amahami Rabu (19/7).

Acara Pencanangan Gerakan Bersih Pantai dan Sungai. Foto: Dok. Hum

Pencanangan gerakan bersih pantai dan sungai dalam rangka mewujudkan Kota Bima bebas sampah. Kegiatan ini didukung pula oleh TNI, Polri dan komunitas peduli sampah di Kota Bima dan diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), serta guru dan pelajar Lingkup Kota Bima.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Komisi I DPRD Kota Bima, Kapolres Bima Kota, KasDim 1608 Bima, Sekda Kota Bima, serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Kota Bima.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima, H. Fakhrunraji dalam pengantarnya menyampaikan bahwa pencanangan gerakan bersih pantai dan sungai merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Bima dalam rangka mewujudkan Kota Bima yang bersih, tertib dan aman serta bebas sampah.

Dikatakannya, untuk mewujudkan Kota Bima bebas sampah dibutuhkan gerakan yang sangat luas, terarah dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

“Pencanangan gerakan bebas sampah di Kota Bima dimulai hari ini. Setiap Hari Jumat kita akan melakukan gerakan ini sampai Kota Bima benar-benar bersih,” jelas Fakhrunraji.

Gerakan bebas sampah ini kata dia, dimulai dari gerakan bersih pantai dan sungai karena pasca bencana banjir bandang di Kota Bima, sampah dipingir pantai dan sungai belum tertangani dengan baik.

Walikota Bima, HM Qurais H Abidin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Mahasiswa KKN UGM di Kota Bima yang telah berkoordinasi dengan Dinas lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan untuk menggagas gerakan ‘nol sampah’.

Walikota juga mengapresiasi seluruh jajaran baik TNI, Polri maupun ASN Lingkup Pemerintah Kota Bima yang ikut mendukung gerakan bebas sampah. Ia mengajak seluruh ASN di Kota Bima memiliki tekad bersama menjaga kebersihan Kota Bima.

“Hari ini mari kita bertekad untuk tidak membuang sampah lagi, selalu membawa plastik untuk menaruh sampah atau putung rokok kita” ajak Walikota.

Selain itu, Walikota Bima meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk menghimbau seluruh kepala sekolah mulai dari PAUD sampai SMA untuk melakukan gerakan nol sampah. Tugas Dinas Dikbud adalah mengumpulkan kepala sekolah untuk melakukan gerakan bebas sampah.

“Tanamkan kepada anak-anak mulai sekolah PAUD, SD, SMP dan SMA bahwa membuang sampah sembarangan adalah perbuatan yang tidak baik,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan pembersihan pantai dan sungai dapat diagendakan secara rutin dan seluruh masyarakat Kota Bima dapat mengikrarkan gerakan nol sampah.

Pada akhir kegiatan pencanangan, Walikota Bima beserta Ketua Komisi I DPRD Kota Bima, Kapolres Bima Kota, Kasdim 1608 Bima, TNI, Sekda, Kepala BNPB, Kasat Pol PP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pariwisata, Mahasiswa KKN UGM, Mapala dan Komunitas Pecinta Lingkungan bersama-sama mengikrarkan gerakan nol sampah di Kota Bima dengan ikrar ‘Kota Bima Bersih dari Sampah, Kebersihan adalah sebagian dari Iman’.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *