Pemkot Bima Tiru Ilmu Ridwan Kamil Tentang e-Budgeting dan e-Kinerja

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima akan mengikuti sistem e-budgeting dan e-kinerja yang sudah diterapkan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil. Rencananya, sistem dimaksud akan mulai dilaksanakan tahun 2018.

Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin. Foto: Eric

Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Syahrial Nuryadin menjelaskan, dari sekian banyak program yang dipaparkan Ridwan Kamil saat berkunjung ke Kota Bima, Pemerintah Kota Bima akan mulai mencoba mengikuti sistem e-budgeting dan e-kinerja. Rencana itu pun akan segera dikoordinasikan dengan DPRD Kota Bima.

“Pak Wali tertarik untuk segera menerapkan sistem penggunaan anggaran dan kinerja seperti yang dilakukan Ridwan Kamil untuk Pemerintah Kota Bandung,” ujarnya, Kamis (20/7).

Dijelaskannya, penerapan aplikasi e-budgeting tersebut tidak lepas dari keinginan Walikota Bima untuk menerapkan pengelolaan sistem keuangan yang transparansi bagi semua pihak. Dari sistem itu, semua orang bisa mengakses data-data anggaran yang disusun oleh pemerintah.

“Aplikasi ini nanti diharapkan bisa mencegah upaya penggelapan dana atau kecurangan dari birokrasi. Termasuk menyeleksi sejumlah program yang tidak penting. Kepala daerah juga bisa mengecek langsung,” jelasnya.

Demikian juga dengan sistem e-kinerja sambung Ryan, dengan adanya aplikasi tersebut, dipastikan para ASN bisa menunjukkan kinerja yang baik. Kemudian mendapatkan apresiasi yang baik. Pun demikian bagi Asn dengan kinerja buruk mendapatkan imbalan sesuai dengan apa yang ia lakukan

“Jadi dengan e-kinerja, tidak ada lagi pegawai yang hanya menunggu perintah atasan. Pegawai mengetahui tupoksi dan apa yang harus dikerjakan,” paparnya.

Untuk memperdalam sistem kerja sistem e-budgeting dan e-kinerja tambah Ryan, Pemerintah Kota Bima juga nanti akan berkunjung ke Bandung dan belajar khusus tentang pengelolaannya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *