Di Kecamatan Wawo, Sampah Jadi Masalah Baru

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang tempat di Kecamatan Wawo masih sangat rendah. Itu tergambar dari tumpukan sampah dibeberapa lokasi, seperti di jembatan pingir jalan ujung kampung Desa Kambilo dan lingkungan kuburan umum Desa Pesa.

Sampah menumpuk di Kecamatan Wawo. Foto: Firman

Padahal, ditempat-tempat ini sudah terpampang tanda larangan untuk tidak membuang sampah. Namun, tetap saja sampah menumpuk dan berserakan di pinggir jalan.

Mansyur warga setempat mengatakan, sampah ini menjadi masalah bagi warga setempat. Aroma bau busuk sering terhembus dari hasil tempat pembuangan sampah.

“Sampah yang dibuang warga seperti sampah rumah tangga,” ujarnya, Kamis (20/7).

Kata dia, hal lain yang menjadi masalah yaitu lokasi pembuangan sampah berada di ruas jalan, sehingga menimbulkan penguna jalan tidak nyaman akibat bau busuk. Masyarakat yang tinggal disekitar tempat tersebut pun menjadi korban.

Diakuinya, masyarakat yang membuang sampah di tempat itu tidak saja dari Desa Kambilo, tetapi juga dari desa tetangga. Papan larangan pun tidak berlaku bagi warga yang membuang sampah sembarangan.

“Semestinya sampah tidak harus ada disini, didekat ini ada sungai dan sumber air minum warga setempat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selama ini langkah yang dilakukan pemerintah desa dan warga setempat sudah diupayakan. Seperti membakar dan mengeluarkan himbauan. tetapi ini belum efektif. Karena sampah tetap menumpuk.

“Untuk itu kami meminta pemerintah memperhatikan masalah ini,” pintanya.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *