Dikbud Gelar Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Keluarga

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Dikbud Kota Bima menggelar sosialisasi penguatan pendidikan karakter bagi pelaku pendidikan keluarga. Acara yang dihelat di aula SMPN 1 Kota Bima, Kamis (20/7) itu dihadiri jajaran pengurus PKBM, SD, SMP dan SMA sederajat se-Kota Bima.

Acara Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Keluarga. Foto: Eric

“Sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari peningkatan peran pendidikan karakter, melalui peran aktif keluarga,” ujar Kepala Dinas Dikbud melalui Kabid PNF Hj.Dewi Triyani.

Dijelaskan Dewi, peran guru sebagai tenaga pendidik anak telah dilakukan sejak dini. Tapi peran ini juga harus dilakukan oleh para orang tua dengan membekali ilmu melalui penyediaan informasi, agar dapat mendidik anak dengan baik.

Wali murid yang kurang memiliki persiapan dalam mendidik anak, karena keterbatasan waktu tentu akan menyerahkan tanggungjawab pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolah. Padahal, tidak semua pendidikan anak dapat dipenuhi oleh sekolah.

Sambungnya, pendidikan di era globalisasi ini, informasi sangat mudah di akses. Apalagi ini didukung oleh ketersediaan fasilitas yang diberikan orang tua kepada anak. Namun yang terpenting saat ini bukan hanya dilihat dari fasilitas. Tapi perhatian berupa keterlibatan aktif orang tua untuk memberikan kontribusi positif pada sejumlah program pendidikan terhadap anak.

“Sebagai aparatur pemerintah, kami mengajak seluruh elemen pendidikan dan juga orang tua. Untuk bersama mengajar dan membimbing anak, untuk memberikan pendidikan yang baik. Agar dapat membawa pola perilaku positif pada anak, mulai dari belajar hingga kegiatan positif lainnya,” jelasnya.

Maka dari itu, lanjut Dewi, pemerintah memandang kerjasama satuan pendidikan dengan keluarga murid sangat mutlak. Melalui kegiatan ini, pihkanya ingin meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan, sebagai salah satu upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang aman, dan penuh keakraban.

Sebagai wujud peningkatan mutu pendidikan, Dikbud juga memberikan bantuan penguatan pendidikan keluarga, kepada 7 sekolah yang telah ditunjuk pemerintah pusat.

Tujuh sekolah yang menerima bantuan, yaitu SMAN 4 Kota Bima, SMPN 1, TK Negeri 03, SDIT Insan Kamil, SLBN Kota Bima, SMKN 1 Kota Bima dan PKBM Sukma Jaya 1, masing-masing Rp25 juta.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *