Kabar Bima

Dinas Sosial Gelar Penyuluhan Kampung Siaga Bencana

232
×

Dinas Sosial Gelar Penyuluhan Kampung Siaga Bencana

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Wujudkan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Sosial menggelar kegiatan penyuluhan dan pelatihan kesiapan penanganan bencana bagi masyarakat.

Dinas Sosial Gelar Penyuluhan Kampung Siaga Bencana - Kabar Harian Bima
Penyuluhan Kampung Siaga Bencana. Foto: Firman

Kegiatan ini melibatkan masyarakat dan akan digelar selama 3 hari yaitu pada tanggal 25-27 Juli 2017. Hari pertama dilakukan penyuluhan kampung siaga bencana oleh narasumber dari kemensos RI, Dinsos Provinsi NTB, Dinsos dan BPBD. Hari kedua ketiga praktek lapangan.

Dinas Sosial Gelar Penyuluhan Kampung Siaga Bencana - Kabar Harian Bima

Kadis Sosial Kabupaten Bima H. Muhammadin mengapresiasi perhatian Kemensos RI yang telah memberikan perhatian kepada Pemkab Bima, sehingga berkenan membentuk kampung siaga bencana.

Wawo dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini mengingat pada ujung tahun 2016 dilanda musibah banjir bandang dan ini baru pertama kali dalam sejarah, kejadian itupun menjadi sorotan.

“Banjir atau musibah lainya bukan terjadi dengan sendirinya, tetapi terjadi atas ulah kita sebagai manusia. Seperti perambahan hutan, ladang berpindah-pindah dan ilegal loging,” katanya.

Dia juga mengajak masyarakat Kabupaten Bima lebih khusus di Kecamatan Wawo untuk terus menjaga lingkungan sekitar.

*Kahaba-09