Kabar Bima

35 Pejabat Eselon III Ikut Tes JPT

326
×

35 Pejabat Eselon III Ikut Tes JPT

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- 35 pejabat eselon III Pemerintah Kota Bima mengikuti uji kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di SMKN 3 Kota Bima, Jumat (28/7). Pelaksanaan ujian bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi para pejabat eselon lingkup Pemerintah Kota Bima.

35 Pejabat Eselon III Ikut Tes JPT - Kabar Harian Bima
35 Pejabat Eselon III saat mengikuti tes JPT. Foto: Eric

“Yang ikut tes PJT sebanyak 35 orang. Kegiatan digelar dua hari, mulai Jumat hingga Sabtu (28-29/7), dengan metode ujian berdasarkan tes kompetensi dan penulisan makalah,” ujar Ketua Panitia Tim Pansel JPT H. Tajuddin.

35 Pejabat Eselon III Ikut Tes JPT - Kabar Harian Bima

Pelaksanaan kegiatan ini kata dia, merupakan bagian dari aturan pemerintah pusat untuk pejabat yang ingin menaikkan tingkat eselon. Kemudian harus mengikuti tahapan seleksi berupa tes yang diberikan oleh panitia.

Sementara pejabat yang diuji harus memiliki kemampuan yang baik dalam merencanakan, memprogramkan dan sebagai pelaksana kegiatan di setiap instansi. Sehingga saat aplikasi di tempat kerja, berjalan dengan baik.

Tajuddin berharap, uji JPT itu dapat berjalan efektif dan lancar. Menghasilkan profil dan gambaran leadership pejabat yang dapat memajukan birokrasi di kearah yang lebih baik. Serta pelayanan yang semakin baik terhadap masyarakat.

“Pejabat yang lolos dengan nilai tertinggi, akan dikerucutkan menjadi 12 orang. Rinciannya, 3 nama akan diusulkan pada masing-masing SKPD yang lowong saat ini. Seperti Dinas Koperindag, Staff Ahli Pemerintahan, Dinas PU dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,” paparnya.

Ia menambahkan, pihaknya hanya mengirimkan 3 nama untuk di tempatkan pada setiap SKPD. Kemudian yang menentukan tetap hak prerogatif Walikota.

*Kahaba-04