Kabar Bima

Pustu La Re’u Seperti Rumah Hantu, Warga Kesulitan Berobat

250
×

Pustu La Re’u Seperti Rumah Hantu, Warga Kesulitan Berobat

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sudah 3 tahun terakhir Puskemas Pembantu (Pustu) di Dusun La Re’u Desa Doridungga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima dibiarkan kosong. Padahal bila dilihat dari kebutuhan masyarakat, kehadiran Pustu sangat dibutuhkan warga setempat.

Pustu La Re'u Seperti Rumah Hantu, Warga Kesulitan Berobat - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

Hal ini diungkapkan salah seorang warga setempat Wahyudin yang di temui media ini dilokasi Pustu, Sabtu (5/8). Sudah sejak 3 tahun lalu, Pustu dibiarkan tanpa penghuni atau tidak ada seorangpun tenaga bidan bertugas.

Pustu La Re'u Seperti Rumah Hantu, Warga Kesulitan Berobat - Kabar Harian Bima

“Coba lihat Pustu ini, sudah seperti rumah hantu saja tanpa penghuni,” ujarnya sembari mengajak berkeliling melihat kondisi bangunan.

Jika ditinjau dari segi wilayah dan jumlah penduduk kata dia, tentu Dusun La Re’u sangat jauh dari Puskesmas. Juga memiliki jumlah penduduk sekitar 300 lebih Kepala Keluarga (KK). Dengan jumlah penduduk dan kondisi wilayah yang jauh, sangat membutuhkan pelayanan kesehatan di Pustu itu.

Dijelaskannya, jarak tempuh menuju Puskesmas Kecamatan Donggo dan Soromandi bisa memakan waktu hampir 1 jam. Dengan kondisi ini, warga sangat kesulitan membawa sanak keluarga yang sakit, apalagi ada yang melahirkan dan sangat membutuhkan penanganan medis secepatnya.

“Untuk antisipasi tidak adanya bidan di Pustu, banyak warga berobat keluar desa. Dengan jarak tempuh jauh, sehingga membutuhkan tenaga dan biaya tambahan yang kami nilai mahal,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Wahyu berharap agar Bupati dan Wakil Bupati beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Bima untuk segera mengambil langkah dan tindakan tegas. Berupa menugaskan seorang bidan desa untuk bertugas, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa teratasi.

*Kahaba-04