Kabar Bima

Tenaga Medis di Pustu Dusun La Re’u tidak Ada, Kepala Dikes Jawab tidak Tahu

196
×

Tenaga Medis di Pustu Dusun La Re’u tidak Ada, Kepala Dikes Jawab tidak Tahu

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pustu Dusun La Re’u Desa Doridungga Kecamatan Donggo rupanya tidak berpenghuni. Bidan maupun perawat sudah lama tidak memberikan pelayanan di Pustu tersebut. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima H. Ganis yang dimintai tanggapan soal itu justeru mengaku tidak tahu. (Baca. Pustu La Re’u Seperti Rumah Hantu, Warga Kesulitan Berobat

Tenaga Medis di Pustu Dusun La Re’u tidak Ada, Kepala Dikes Jawab tidak Tahu - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

“Saya baru tahu dari teman media, kalau tidak ada bidan atau perawat di Pustu Dusun La Re’u Kecamatan Donggo,” ujarnya, Senin (7/8).

Tenaga Medis di Pustu Dusun La Re’u tidak Ada, Kepala Dikes Jawab tidak Tahu - Kabar Harian Bima

Ganis justeru semakin heran, sebab tenaga medis di Pustu tersebut tidak ada yang menetap. Karena selama ini, Puskesmas Donggo belum mengabarkan tentang kendala ini.

“Saya belum menerima laporan dari PKM Donggo mengenai tidak adanya petugas yang tinggal. Untuk itu akan kami panggil PKM Donggo untuk klarifikasi,” katanya.

Diakui Ganis, saat ini pemerintah tidak bisa menempatkan petugas kesehatan, tanpa memiliki Surat Tanda Register (STR) dari lembaga kompetensi. Sebab ini menyangkut keselamatan, dan nyawa masyarakat.

“Kami akui bahwa tenaga kesehatan di Bima masih kurang. Sehingga harus memiliki STR, sebagi syarat untuk memberikan tindakan dan pelayanan kepada masyarakat,” bebernya.

Ia menjelaskan, apa yang menjadi kendala tersebut tetap akan menjadi atensi. Karena ini menyangkut keselamatan warga. Tapi karena kendala jumlah petugas kesehatan, pihaknya tetap akan mengupayakan penempatan bidan atau perawat disana.

*Kahaba-04