Kabar Bima

Operator se-Ambalawi Dilatih Penggunaan Aplikasi Siskeudes

215
×

Operator se-Ambalawi Dilatih Penggunaan Aplikasi Siskeudes

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Operator Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) se-Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi keuangan desa. Pelatihan ini dipusatkan di Kantor Desa Kole mulai tanggal 8 hingga 10 Agustus 2017.

Operator se-Ambalawi Dilatih Penggunaan Aplikasi Siskeudes - Kabar Harian Bima
Pelatihan Operator Siskeudes se-Kecamatan Ambalawi. Foto: Ady

Pelatihan ini fasilitasi oleh Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Masyarakat Desa, Susanto Saputro dan dibantu Pendamping Desa (PD) Kecamatan Ambalawi Hasnun.

Operator se-Ambalawi Dilatih Penggunaan Aplikasi Siskeudes - Kabar Harian Bima

“Ini merupakan pelatihan lanjutan yang dibiayai lewat APBDes mereka masing-masing meskipun pelaksanaannya dilakukan kolektif di Kantor Desa Kole,” jelas PD Ambalawi, Hasnun, Jumat (11/8) pagi.

Pihaknya sengaja mendorong pemerintah desa melaksanakan pelatihan agar ke depan tata kelola keuangan desa lebih transparan dan ankuntabel. Sebab, jika aplikasi tersebut diterapkan maka desa tidak perlu lagi repot membuat penatausahaan maupun SPJ manual.

“Mulai dari perencanaan hingga pelaporannya sekarang akan berbasis aplikasi,” terang Hasnun.

Mengapa pelatihan tersebut penting lanjut dia, didasari upaya pemerintah pusat untuk mewujudkan tata kelola keuangan desa yang transparan dan ankuntabel. Karena itu, pemerintah pusat terus berbenah dan mencari cara yang terbaik.

Hal itu dibuktikan dengan mulai diterapkannya aplikasi Siskeudes oleh pemerintah desa yang dirancang khusus oleh BPKP RI.

“Untuk menggunakan aplikasi Siskeudes memang dibutuhkan SDM yang memadai dikalangan Pemdes karena aplikasi tersebut menuntut pemerintah desa memiliki keterampilan komputer,” tandasnya.

*Kahaba-03