Kabar Bima

Berbenah, SMAN 5 Terapkan 3 Program Baru

241
×

Berbenah, SMAN 5 Terapkan 3 Program Baru

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sejak menjabat sebagai Pelaksan tugas (Plt) Kepala SMAN 5 Kota Bima Mei lalu, H. Sahbuddin kini mulai melakukan pembenahan untuk membawa perubahan dan kemajuan bagi sekolah setempat. Termasuk menerapkan 3 program baru, yaitu sistem transparansi, partisipasi dan berkeadilan.

Berbenah, SMAN 5 Terapkan 3 Program Baru - Kabar Harian Bima
Plt Kepala SMAN 5 Kota Bima H. Sahbuddin. Foto: Eric

“3 program tersebut untuk membenahi sistem sekolah yang belum terkelola dengan baik. Sehingga harus ada perbaikan, agar pengelolaan seluruh kegiatan sekolah berjalan lancar dan terarah,” ujar H. Sahbuddin, Sabtu (12/8).

Berbenah, SMAN 5 Terapkan 3 Program Baru - Kabar Harian Bima

Dijelaskan mantan kepala SMAN 2 Kota Bima itu, alasan melakukan program unggulan itu karena menjadi keharusan untuk menyelamatkan sistem pendidikan di sekolah setempat. Baik yang bersentuhan langsung dengan tenaga pendidik, maupun melibatkan kembali peran serta siswa.

Dirinya ingin membangun komunikasi yang baik antara jajaran guru dan siswa. Agar dapat bekerjasama meningkatkan mutu pendidikan yang selama ini kehilangan auranya.

Sahbuddin menjelaskan, sistem transparansi ingin dilakukan agar seluruh pengelolaan keuangan diumumkan melalui rapat sekolah. Sehingga dapat menghindari rasa saling curiga, antara pegawai. Sebab, selama ini pengelolaan keuangan tertutup.

Kemudian terkait sistem partisipasi, pihak sekolah menerapkan aturan baru. Berupa sikap dan tindakan tegas bagi guru maupun siswa yang melanggar aturan. Sedangkan sistem berkeadilan, tentu memanfaatkan kembali guru yang berkompetensi untuk memberikan kesempatan mengajar kembali.

“Semua 3 sistem ini sudah mulai berjalan dengan baik. Alhamdulillah iklim pendidikan di sekolah kami pun sudah terus membaik. Hal ini terlihat dari semangat guru dan siswa mengikuti KBM,” tandasnya.

*Kahaba-04