Dikbud Gelar Diklat Sekolah Aman Bencana

Kota Bima, Kahaba.- Belajar dari bencana banjir yang melanda Kota Bima akhir Desember tahun 2016 lalu, Dinas Dikbud menggelar Diklat sekolah aman bencana di Aula SMPN 1 Kota Bima Senin (14/8).

Diklat Sekolah Aman Bencana. Foto: Eric

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H. Alwi Yasin mengatakan, kegiatan itu dihadiri lebih dari 150 peserta dari sejumlah kepala sekolah dan perwakilan guru SD, SMPN, sederajat. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan lembaga pendidikan dalam menghadapi bencana.

“Bencana merupakan peristiwa yang berdampak pada kerugian moril maupun materil. Untuk itu kita wajib mengetahui apa itu bencana dan bagaimana cara menghadapinya,” jelas Alwi.

Menurutnya, bencana beberapa kali pernah terjadi di Kota Bima. Seperti gempa, kebakaran bahkan yang paling parah banjir bandang. Musibah itu menyebabkan rusaknya infrastruktur, tidak ketinggalan sarana sekolah yang menyebabkan aktivitas belajar lumpuh total.

Untuk itu, tenaga pendidik diundang menghadiri diklat agar kedepan pihak sekolah mengetahui tata cara penanganan dan kesiapan ketika bencana datang. Agar bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa, maupun kerugian lain.

“Setelah mengikuti diklat, pemerintah Kota Bima menginginkan sosialiasi seperti ini kembali disosialisasikan peserta di masing-masing sekolah. Agar tenaga pendidik maupun siswa dapat mengetahui tata cara penanganan bencana.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *