Kabar Bima

Ajarkan Siswa Berdemokrasi, Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 1 Digelar Seperti Pemilu

429
×

Ajarkan Siswa Berdemokrasi, Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 1 Digelar Seperti Pemilu

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Agenda pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Kota Bima berlangsung unik. Sebab, prosesnya seperti sistem Pemilu. Dimana para kandidat calon ketua terlebih dahulu melakukan kampanye program dan menyampaikan visi misi sebelum pencoblosan digelar.

Ajarkan Siswa Berdemokrasi, Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 1 Digelar Seperti Pemilu - Kabar Harian Bima
Kepala SMPN 1 Kota Bima Hj. Nurmah foto bersama calon Ketua OSIS dan Panitia Pemilihan. Foto: Eric

“Pemilihan Ketua OSIS sudah digelar 4 kali. Tahun ini, kami gelar dengan suasana seperti sistim pemilihan umum, yang berlangsung umum, bebas dan rahasia,” ujar Kepala SMPN 1 Kota Bima Hj. Nurmah, Sabtu (19/8).

Ajarkan Siswa Berdemokrasi, Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 1 Digelar Seperti Pemilu - Kabar Harian Bima

Proses pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS jelasnya, diawali ketika siswa memasuki sekolah pukul 06.30 Wita. Saat itu pula menunggu 7 calon Ketua OSIS yang telah berdiri berjejer menyalami siswa yang hadir. Setelah itu, siswa menuju 6 bilik suara yang telah disiapkan panitia. Kemudian memberikan hak pilih, sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing.

Dijelaskan wanita yang menyandang gelar Master Pendidikan tersebut, usai memberikan hak suara seluruh siswa yang berjumlah 1026, diberikan tinta jempol sebagai tanda telah melakukan pencoblosan.

“Cara ini kami lakukan untuk mengajarkan siswa tentang demokrasi. Memilih calon pemimpin sesuai hati nurani, untuk dapat mengemban amanah dan memajukan program serta prestasi sekolah,” inginnya.

Nurmah mengaku, setelah pemilihan selesai dan telah memperoleh hasil siapa yang akan menjadi Ketua OSIS periode 2017-2018. Maka proses selanjutnya adalah, ketua yang terpilih harus segera merancang sistem kepengurusan selama 1 tahun.

Pihaknya pun merasa yakin, melalui kerjasama dengan OSIS dan jajaran guru pembina sekolah. Maka akan dapat menciptakan generasi bangsa yang bermutu dan berkualitas, melalui peningkatan kegiatan sekolah dan meraih prestasi.

Adpaun 7 calon Ketua OSIS yaitu Akbar, Ali, Abdin, Kiky, Nana, Ku’luil dan Dito.

*Kahaba-04