Komunitas Pramuka Peduli Ikut Sosialisasi Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dunia pendidikan diharapkan mampu membentuk pribadi-pribadi yang berkarakter, cekatan, cerdas dan bertanggung jawab. Pemahaman sejak dini tentang keselamatan dan keamanan berlalulintas kepada pelajar sangat diperlukan untuk membentuk perilaku dan budaya aman di jalan raya.

Sosialisasi Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas. Foto: Dok. Komunitas Pramuka Peduli

Demikian dikatakan Syafruddin Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bima saat memberikan pengantarnya dalam kegiatan Pelajar Pelopor, Selasa (29/8).

Menurut Syafruddin, Dinas Perhubungan berperan aktif mengkampanyekan keselamatan transportasi khususnya transportasi darat. Salah satunya mempunyai program Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Kabupaten  Tahun 2017.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana proses penanaman budaya tertib berlalu lintas dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi jalan dan menjadi pelopor pelaku jalan yang bertanggungjawab,” jelas Syafruddin.

Acara yang dihadiri adik – adik Komunitas Pramuka Peduli dihadiri pejabat Lingkup Dinas Perhubungan diantaranya Sekretaris Dinas Perhubungan, Kabid Perhubungan Darat, Kabid Perhubungan Laut, Kabid Pengawasan dan Kepala Sub Bagian Program.

Materi yang disampaikan selama penyelenggaraan kegiatan antara lain Manajemen Kampanye Keselamatan Jalan, Safety Riding dan Driving, Safety Perfomance Indicator dan Penanggulangan Narkoba dikalangan remaja.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bima, Rahmatullah menyampaikan kegiatan ini memiliki beberapa tujuan antara lain meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalulintas, membangun kesadaran generasi muda untuk berperilaku tertib berlalu lintas dan membangun budaya tertib berlalu lintas sejak dini atas dasar kesadaran pribadi serta tanggung jawab moral untuk meningkatkan keselamatan.

Kegiatan ini diharapkan juga meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terkait keselamatan lalu lintas jalan, sehingga pelajar pelopor ini dapat mensosialisasikan di tempat mereka belajar, serta memberikan suri tauladan bagi rekan-rekan di sekolahnya sesuai dengan predikat yang disandangnya.

Dalam acara Sosialisasi Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas juga disematkan PIN Pelopor Keselamatan kepada adik – adik Komunitas Pramuka Peduli dan penempelan stoker kampanye Keselamatan Berlalu lintas “Utamakan Keselamatan, STOP Ngebut, Rai Kanari Nari Aina Kabare”.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *