Dinas Dukcapil Mulai Urus KTP, Akta Kelahiran dan KK di Kantor Camat Bolo

Kabupaten Bima, Kahaba.- Senin pekan depan (4/9) Dinas Dukcapil Kabupaten Bima akan hadir di Kecamatan Bolo untuk melakukan pendataan masyarakat Kecamatan Bolo yang masih belum memiliki legalitas hukum kewarganegaraan. Pada hari tersebut, Dinas Dukcapil juga akan melayani pembuatan Akta Kelahiran, kartu Keluarga (KK) dan E-KTP.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima Zunaidin. Foto: Yadien

Pelayanan langsung sampai ke daerah-daerah kecamatan dan pedesaan tersebut merupakan aktualisasi dari program Melayani Sampai Serambi Rakyat (MESSRA) yang dicanangkan Dinas Dukcapil Kabupaten Bima.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima Zunaidin menyampaikan, pelayanan ini perlu dilakukan agar legalitas hukum kewarganegaraan bisa didapat oleh masyarakat. Karena selama ini pembuatan Akta Kelahiran, KK dan E-KTP karena ada yang penting untuk diurus. Seperti kebutuhan warga untuk formalitas mengambil uang di Bank, kepentingan untuk membuat paspor dan lain-lainnya.

“Pembuatan legalitas kewarganegaraan itu bukan lantaran ingin mengurus sesuatu. Namun, harus ada kesadaran diri dari warga karena legalitas itu sangat penting,” tegasnya di Kantor Camat Bolo, Selasa (29/8).

Kata dia, untuk kegiatan tersebut pihaknya akan memusatkan di Kantor Kecamatan Bolo dan akan diberikan pelayanan reguler seperti di kantor Dinas Dukcapil. Pada program ini pihaknya bekerjasama dengan Kompak NTB yang akan ikut dihadiri oleh Konseling dari Australia, juga didampingi oleh Kementrian Bappenas.

Sementara Camat Bolo Mardiana menyampaikan, terkait kegiatan tersebut pihaknya akan memberikan pengumunan secara tertulis kepada seluruh Kepala Desa (Kades). Selanjutnya Pemerintah Desa akan mengumumkan dengan menggunakan pengeras suara lewat masjid dan mushollah desa masing-masing.

“Semua masyarakat diseluruh desa di Kecamatan Bolo akan diundang kecuali 3 desa yang sudah didatangi langsung untuk diberikan pelayanan oleh Dinas Dukcapil pada desanya. Masing – masing Desa Kara, Desa Rada dan Desa Darussalam,” sebutnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *