KWT Lestari Kota Bima Dinilai Tim Juri NTB

Kota Bima, Kahaba.- Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari Rabangodu Selatan, perwakilan Kota Bima dalam Lomba Pemanfaatan Pekarangan Rumah tingkat provinsi, Senin (4/9) pagi dinilai Tim Provinsi NTB.

Tim Juri NTB saat menilai Kebun KWT Lestari Rabangodu Selatan. Foto, Ady.

Rombongan tim juri disambut hangat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Syamsudin beserta jajaran, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, M Syafie, Lurah Rabangodu Selatan, Anggota KWT Lestari dan masyarakat setempat.

“KWT Lestari ini merupakan pemenang lomba pemanfaatan pekarangan tingkat Kota Bima dan kini mengikuti lomba tingkat Provinsi NTB,” jelas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Syamsudin.

Diakuinya, standar penilaian dalam lomba cukup beragam dan KWT Lestari dianggap memiliki nilai lebih dibanding KWT di lainnya di Kota Bima. Standar penilaian itu pula yang akan dinilai tim juri dari Provinsi NTB.

Diantaranya, seperti keberagaman sayur-sayurannya, sumber karbohidrat, sumber protein, vitamin dan bisa mengintegrasikan dengan pemeliharaan unggas. Keunggulan KWTLestari diyakini akan mampu mengantarkan Kota Bima menjadi juara tingkat Provinsi NTB.

Diantara tanaman yang dikembangkan KWT Lestari Rabangodu Selatan. Foto, Ady.

“Anggota KWT Lestari 20 orang kompak ikut menanam, jadi tidak hanya dipusatkan satu titik. Mereka memanfaakan poli bag, kebun-kebun bibitnya juga termanfaatkan dengan baik,” jelas dia.

Kemudian keunikan lain yang menjadi keunggulan sambung dia, dari 20 Anggota KWT Lestari terdapat sejumlah keterwakilan anggota dari keluarga miskin. Tujuannya, untuk ikut mendorong ekonomi produktif rumah tangga dari hasil budidaya yang dikembangkan.

“Kami optimis KWT Lestari akan menjadi juara pertama. InsyaAllah kita tunggu Oktober nanti bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia akan diumumkan hasilnya,” ujar Syamsudin.

Usai disambut tuan rumah, para tim juri diajak berkeliling melihat langsung dari dekat semua pekarangan rumah anggota KWT Lestari. Tim juri nampak kagum melihat aneka sayur-sayuran yang tertata dengan indah, lengkap dengan penyediaan papan informasi bagi pengunjung.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *