Sulap Pekarangan Jadi Kebun, KWT Lestari Optimis Juara

Kota Bima, Kahaba.- Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari Rabangodu Selatan, Siti Nurkomala mengaku optimis akan mampu membawa kelompoknya menjuarai Lomba Pemanfaatan Pekarangan tingkat Provinsi NTB.

Potret pekarangan rumah yang disulap jadi kebun oleh KWT Lestari. Foto, Ady.

Rasa optimisme itu didasarinya dari kekompakan anggota KWT Lestari yang begitu antusias turut berpatisipasi memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing untuk menanam aneka tanaman sayur-sayuran.

“Semua anggota kita 25 orang ikut menanam di pekarangan rumahnya. Ini kita lakukan sejak April 2017 lalu,” jelasnya saat menyambut tim juri dari Provinsi NTB, Senin (4/9) pagi.

Tanaman apa saja yang ditanam? Ia menyebutkan, mulai dari cabe, tomat, singkong, sawi, terong, kangkung, dan diintegrasikan dengan pemeliharaan unggas. Sebagai kebun percontohan, dipusatkan di salah satu lokasi dengan pekarangan cukup luas tetapi selama ini tidak dimanfaatkan.

Rumah bibit, salah satu isi kebun yang dikembangkan KWT Lestari. Foto,  Ady.

“Di sentral kebun ini, kita juga punya tanaman obat-obatan, papan informasi, tempat pembuatan pupuk organik, rumah bibit dan juga ada tempat duduk para tamu yang dilengkapi perpustakaan mini,” jelas dia.

Pengelolaan kebun ini lanjut dia, melibatkan warga dari RT 05 dan RT 07 RW 02 Kelurahan Rabangodu Selatan. Selama proses awal penanaman hingga kini pihaknya terus didampingi dan mendapatkan arahan dari Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Ketahanan Pangan.

“Alhamdulillah, anggota kelompok sudah menikmati hasil kebun KWT Lestari. Selain untuk kebutuhan dapur, juga kita jual untuk membantu ekonomi rumah tangga,” akunya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *