Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Wawo Segera Digelar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Wawo akan menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) periode 2017 – 2018. Sejumlah tahapan sudah dilaksanakan seperti pendaftaran calon, penetapan calon serta penyampaian visi dan misi.

Ilustrasi. Pemilihan Ketua OSIS

Proses pemilihan rencananya akan diadakan sesuai dengan tata cara pemilihan kepala daerah (Pilkada) atau Pemilu Presiden. Kemudian juga dibentuk seperti PPS, KPPS, Panwas, Hansip, Saksi dan perangkat lainnya.

Menurut Wakasek Kesiswaan SMA 1 Wawo Muhammad Naim, Pemilos tahun ini dilaksanakan secara langsung dengan menganut sistem dari siswa, oleh siswa, untuk siswa. Prinsip demokrasi ini diterapkan dalam pemilihan ketua OSIS dan diharapkan memberikan pelajaran untuk menggunakan hak yang dimiliki secara bertanggung jawab.

“Ini adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini sebagai bekal siswa terjun kembali ke masyarakat nanti,” ujarnya.

Menurutnya, Pemilos juga menjadi wadah pembelajaran berdemokrasi siswa dan menjadi bagian dari memahami sistem Pemilu di Indonesia. Kemudian belajar mengungkapkan pendapat, belajar menghormati perbedaan pilihan, belajar menerima kemenangan yang lain dengan mengakui kekalahan secara legowo dan pembelajaran lainya.

“Alhamdulillah, Pemilos Pemilos SMA 1 Wawo tahun ini mendapat dukungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima. Ini juga menjadi ruang bagi siswa untuk belajar kepada ahlinya,” terang Naim.

Ia juga menyebutkan jika ada 3 pasangan yang akan berkompetisi pada Pemilos tahun ini. Mereka masing – masing Rian Nurrahman kelas XI berpasangan dengan Zulham Rahman kelas X, Arsin Algifari kelas XI berpasangan dengan Agus Suprianto kelas X, Ade Kurniawati berpasangan dengan Jihan andriadi dari XI.

“Saat ini masih dalam jadwal kampanye, sementara hari pencoblosan akan dilkasanakan pekan depan,” tambahnya.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *