Sekda Buka Rakor Pembinaan Pembangunan Tingkat Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Biro Administrasi Pembangunan dan Pemerintahan dan Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (APP & LPBJP) Provinsi NTB bekerjasama dengan Bagian APP dan LPBJP Setda Kota Bima menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Pembangunan Tingkat Kota Bima, di aula kantor Walikota Bima Kamis (7/9).

Rakor Pembinaan Pembangunan Tingkat Kota Bima. Foto: Hum

Acara dengan tema “Kebijakan Pembangunan dan Penyerapan Anggaran Pemerintah” itu secara resmi dibuka Plt. Sekda Kota Bima H. Syamsudin. Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kota Bima M. Syafei, dan Kepala Biro APP dan LPBJP Provinsi NTB Swahib. Sementara peserta Rakor berjumlah 40 orang, berasal dari OPD lingkup Pemerintah Kota Bima yang mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dalam sambutannya, Plt. Sekda Kota Bima menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB karena rakor pembinaan pembangunan dilaksanakan langsung di setiap Kota dan Kabupaten se-NTB, tidak terpusat di ibukota Provinsi.

“Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk langsung mengadakan peninjauan agar jajaran Pemerintah Provinsi bisa mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh mengenai kondisi dan kendala yang dihadapi oleh masing-masing daerah Kota dan Kabupaten di NTB,” katanya.

Menurut Syamsudin, pemerintah terus melakukan pembenahan dalam memperbaiki kualitas serapan anggaran. Salah satunya adalah dengan memperbaiki sistem penyerapan anggaran agar tak banyak menumpuk pada akhir tahun dan membuat penggunaannya berjalan optimal.

Sementara Direktur Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Marwanto telah mengeluarkan kebijakan dan strategi agar penyerapan anggaran tak menumpuk di kuartal ketiga dan keempat. Strategi ini harus dikomunikasikan dengan para satuan kerja (satker), mulai dari level kementerian dan lembaga, hingga pemerintah daerah.

“Ini menjadi salah satu tujuan diadakannya rapat koordinasi seperti yang kita laksanakan hari ini, yaitu untuk membangun pemahaman bersama serta mengidentifikasi permasalahan dan menemukan solusi terkait percepatan pembangunan dan penyerapan anggaran,” papar Plt. Sekda Kota Bima.

Usai dibuka, Rakor dilanjutkan dengan agenda pembahasan langkah-langkah strategis penggunaan anggaran pada setiap aspek pelaksanaannya mulai dari perencanaan, pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan anggaran, serta pengendalian dan pengawasan.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *