Fasilitasi Pemilos, KPU Ajarkan Pendidikan Demokrasi ke Pelajar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima secara dini mengajarkan pendidikan demokrasi ke para pelajar sebagai calon pemilih pemula. Bentuk pendidikan itu yakni dengan memfasilitasi kegiatan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) di SMAN 1 Wera, Selasa (12/9).

Tahapan Pemilos di SMAN 1 Wera yang didampingi KPU. Foto, Dok. KPU

Komisioner KPU Kabupaten Bima Divisi SDM dan Parmas, Muhammad Waru mengaku, proses pendampingan kepada pelajar dimulai dari tahap awal persiapan pemilihan, debat kandidat Ketua OSIS, pemilihan hingga penghitungan suara.

“Tujuan dari pendampingan ini sebagai proses pembelajaran tahap awal bagi pemilih pemula bagaimana pesta demokrasi itu dilaksanakan,” jelasnya.

Tahapan Pemilos kata Waru, prosesnya hampir sama dengan pemilihan umum yang dilaksanakan KPU. Sehingga agar pelaksanaannya dilakukan secara baik dan benar perlu ada pendampingan kepada para pelajar.

KPU turun ke sekolah-sekolah lanjut dia, bukan kali ini saja. Sejak dua tahun lalu KPU sudah berkeliling ke 30 lebih sekolah di Kabupaten Bima baik SMP maupun SMA untuk memfasilitasi Pemilos sekaligus sosialisasi kepada pelajar.

“Ini tahun kedua kami turun. Dan yang sudah positif saat ini sudah ada 22 sekolah yang mengirimkan nama kandidat dan jumlah pemilihnya,” kata waru.

Kata dia, saat ini pendampingan baru dilakukan pada tahapan Bimtek KPPS menjelang pemilihan dan debat kandidat Ketua OSIS. Sedangkan pemilihan baru dimulai pada Kamis di SMAN 1 Bolo.

Selain SMAN 1 Wera, rencananya pendampingan serupa juga akan dilakukan di SMAN 1 Donggo SMKN 5 Rora, SMAN 1 Bolo, SMAN 2 Bolo, SMAN 1 Madapangga dan SMAN 1 Soromandi.

“Tahun ini KPU menargetkan seluruh SMP dan SMA di Kabupaten Bima. Namun yang sudah positif nengirimkan darftar calon dan jumlah pemilih baru 22 sekolah,” ujarnya.

Kepala SMAN 1 Wera, Siti Rohani mengapresiasi kehadiran KPU mendampingi langsung para pelajar dalam proses Pemilos. Pelaksanaan Pemilos di SMAN 1 Wesa dengan sistem langsung. Tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi bagi para siswa calon pemilih pemula.

‘Semoga dengan hadirnya KPU, siswa memahami bagaimana berdemokrasi yang baik dan mengerti tentang tahapan Pemilu,” harapnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *