Tertinggi Saat Seleksi, Wahyudin Jadi Sekdes Dena

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Dena Kecamatan Madapangga melantik Wahyudin sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Dena, di aula kantor desa setempat, Jumat (15/9).  Pelantikan digelar setelah Wahyudin unggul dengan nilai 59 dari Sumarni yang hanya memperoleh nilai 30 pada seleksi sekdes Senin (10/9).

Wahyudin saat dilantik jadi Sekdes Dena. Foto: Yadien

Kabid Pemdes Dinas PMDes Kabupaten Bima Elfaisal dalam sambutanya menyampaikan, berdasarkan aturan secara struktur sekdes merupakan jabatan di bawah Kepala Desa. Artinya, dalam menjalankan tugas tidak bisa melampaui kewenangan kepala desa.

“Berbeda dengan kepala desa yang bisa menjalankan tugas semua perangkat desa pada waktu-waktu tertentu,” ujarnya.

Kata dia, sekdes ini sama dengan perangkat desa yang lain. Memiliki hak untuk gaji dan asuransi ketenagakerjaan. Namun demikian, selain hak, sekdes juga memiliki kewajiban yaitu tugasnya menjalankan roda pemerintahan di desa.

“Kalau haknya sudah diberikan, dimohon agar menjalankan kewajiban,” imbaunya.

Selain itu, sekdes diperbolehkan untuk belajar dimana-mana untuk meningkatkan kapasitas sebagai sekdes dan memajukan Desa Dena.

“Mau belajar di Mataram Boleh, di Jakarta boleh, atau di BPMDes juga boleh. Itu juga boleh menggunakan ADD Dena,” sarannya.

Sementara itu, Wahyudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Desa Dena dan seluruh undangan dan masyarakat atas semua dukungan. Untuk memajukan dan membangun Desa Dena, ia berharap keterlibatan seluruh elemen. Tidak saja bisa dibebankan pada pemerintah desa.

“Mulai hari ini kami membuka aula kantor Desa Dena sebagai ruang untuk kita diskusi soal yang berkaitan dengan Desa Dena,” tuturnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *