Kabar Bima

UD Pemuda Kreatif Panen Raya Kedelai

280
×

UD Pemuda Kreatif Panen Raya Kedelai

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- UD Pemuda Kreatif Kecamatan Bolo gelar panen raya kedelai di lahan Pertanian di Desa Nggembe, Rabu (04/10). Kegiatan tersebut dihadiri jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Bima, Camat Bolo, BPP Kecamtan Bolo, UPTD Pertanian Kecamatan Bolo dan penyuluh di sejumlah kecamatan.

UD Pemuda Kreatif Panen Raya Kedelai - Kabar Harian Bima
Panen raya yang digelar UD Pemuda Kreatif. Foto: Yadien

Salah seorang peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang Dan Umbi Malang M. Muchlish Adie yang juga ikut hadir menyampaikan, sukses atau tidaknya kedelai tergantung pada varietas benih yang dipakai.

UD Pemuda Kreatif Panen Raya Kedelai - Kabar Harian Bima

“Penentu utama adalah populasi. Kalau bisa dipertahankan 300.00 per hektar maka untuk mencapai 3 ton tidak susah. Populasi 300.000 per hektar harus menggunakan benih yang bagus,” sarannya.

Kata Muchlish, petani di Bima umumnya suka dengan varietas bibit Argomulyo. Selain bijinya berat, benih tersebut usia panennya cepat. 1 hektar bisa mendapatkan hasil 2 ton, itupun pada musim kemarau.

“Usianya dari masa tanam sampai panen hanya 78 hari,” jelasnya.

Menanggapi soal keberadaan UD Pemuda Kreatif, ia menilai sangat bagus untuk membantu masyarakat mendapatkan benih yang bagus. Karena tidak bagus jika benih didatangkan dari luar daerah, sebab tidak ada jaminan benih tersebut baik setelah sampai di Bima. Apalagi dimuat menggunakan mobil kontainer yang tertutup.

“Benih itu hidup, jadi kalau pengap begitu bisa mati,” ujarnya.

Muchlish berharap bisa mendukung para petani dengan regulasi yang mengatur soal harga hasil panen ditambah dengan pengawasan agar tidak ada yang nakal dengan hasil pertanian. Pemerintah juga diharapkan untuk bisa lebih melakukan pengawasan.

*Kahaba-10