Desa Rada Gelar Musrenbangdes, Pembangunan Fisik Jadi Prioritas

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Rada Kecamatan Bolo menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun 2018 di Aula Kantor Desa Rada, Kamis (5/10).

Musrenbangdesdi Desa Rada. Foto: Yadien

Kegiatan ini dihadiri Camat Bolo diwakili staf, Pendamping Desa, BPD Desa Rada, Kepala Desa Rada dan semua Staf Desa, Kepala Dusun dan Ketua RT se-Desa Rada serta masyarakat dan pemuda desa setempat.

Kepala Desa Rada, Supratman menyampaikan, penyelenggaraan Musrenbangdes merupakan salah satu tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa).

Dalam proses Musrenbangdes kata dia, peserta boleh memberikan usulan dan tambahan yang bisa dijadikan sebagai bahan pengkajian dan pertimbangan tim penyusun RKP Desa. “Tadi itu juga masyarakat memberikan usul saran program,” jelasnya.

Dari hasil Musrenbangdes untuk tahun 2018 ini lanjutnya, Pemerintah Desa Rada merancanangkan program pembangunan dengan kuota sedikit lebih banyak dibanding tahun 2017.

“Hal itu dilakukan mengingat masih banyaknya pembangunan dan penataan fisik di Desa Rada yang perlu dilakukan. Lebih dari enam pulu persen program pembangunan fisik,” ujar Supratman.

Selain pembangunan fisik, kata Supratman, Desa Rada juga menyusun program non fisik seperti pemberdayaan dan pemerintahan termasuk pembuatan Peraturan Desa (Perdes).

Tahun 2018 mendatang Pemerintah Desa Rada berencana untuk membuat beberapa Perdes seperti Perdes Pungutan Administrasi Desa, Perdes Pertanian dan Peternakan Masyarakat serta Perdes Keamanan dan Ketertiban.

“Tapi ini baru dalam bentuk rancangan, kalau memang dipandang sangat perlu maka akan dimasukan dalam RKP Desa,” ujar Kades.

Kades berharap, partisipasi dan kerjasama seluruh masyarat bersama pemerintah desa bisa terus ditingkatkan agar program-program yang telah dicanangkan bersama dapat terealisasi dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik sebagaimana yang diharapkan. “Partisipasi masyarakat itu sangat penting,” tambahnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *