Paskibra Sekolah, Bentuk Karakter Kepemimpinan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Paskibra sekolah itu penting dibentuk. Selain menjadi salah satu ekstrakurikuler tingkat SMP dan SMA sederajat, juga memiliki tujuan untuk membentuk jiwa kepemimpinan, nasionalisme, dan rasa tanggungjawab pada setiap siswa atau siswi.

Ketua Bidang Pelatihan Paskibra Sekolah Tingkat Kabupaten Bima Bharatu Adi Kurniawan sata melatih Paskibra sekolah. Foto: Muchlis (Facebook)

Keberadaannya akan menjadi wadah untuk mendidik dan membentuk karakter kepemimpinan siswa. Hanya saja, Paskibra sekolah bisa berjalan dengan maksimal apabila pemerintah melalui dinas terkait juga bisa ambil bagian.

Ketua Bidang Pelatihan Paskibra Sekolah Tingkat Kabupaten Bima Bharatu Adi Kurniawan menjelaskan, saat ini dirinya bersama Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Bima tengah menggarap Paskibra sekolah. Sementara yang bisa diajak kerjasama yakni SMAN 1 Woha dan SMAN 1 Bolo.

Selain 2 sekolah itu, pihaknya juga sudah mendatangi sejumlah sekolah lain. Hanya saja, kebanyakan sekolah belum memahami tentang ekstrakurikuler Paskibra sekolah ini berjalan, atau bagaimana cara menjalankannya.

“Mungkin perlu kami beritahu, untuk wilayah NTB saja, di Lombok ekstrakurikuler paskibra sekolah sangat aktif dan sangat diminati oleh hampir seluruh SMA, SMK sederajat. Makanya tidak heran setiap tahun mereka mendominasi mewakili NTB menjadi Paskibraka tingkat provinsi maupun nasional,” ujarnya saat menyampaikan rilis kepada media ini.

Untuk Kabupaten Bima kata Adi, sudah ada siswa yang pernah mewakili hingga ke tingkat nasional. Karena beberapa tahun sebelum itu, Paskibra sekolah siswa yang mewakili di tingkat Nasional itu aktif. Seperti SMAN 1 Woha maupun di SMAN 1 bolo, Paskibra sekolah nya aktif. Pihaknya pun bersyukur karena tahun ini perwakilan Paskibraka Provinsi maupun nasional itu berasal dari SMAN 1 Woha Kabupaten Bima.

Oleh karena ini, pihaknya berharap setiap satuan pendidikan bisa membentuk Paskibra sekolah. Guna mendorong terwujudnya itu, pihaknya berencana menghadap Bagian Dikmen Dibudpora Kabupaten Bima untuk bisa mengeluarkan surat edaran ke sekolah – sekolah agar bisa membentuk Paskibra sekolah.

“Kami ingin tiap tahun kita dari Bima dapat mewakili terus Paskibraka ke tingkat provinsi dan nasional,” katanya.

Menurut Adi, Paskibra sekolah tidak mesti menjadi paskibraka. Karena keebradaannya untuk melatih dan membentuk karakter, mental, fisik, dan jiwa kepemimpinan siswa siswi yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Manfaat Paskibra sekolah di dalam sekolah sambungnya, pertama pada setiap upacara pada hari Senin akan diambil alih oleh paskibra sekolah, lomba gerak jalan, lomba PBB dan lomba tub semua akan menjadi tanggungjawab dari Paskbira sekolah.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *