MDMC Bahas Kesiapsiagaan Darurat Bencana

Kota Bima, Kahaba.- Setelah sukses menggelar pelatihan dan pendampingan program kesiapsiagaan komunitas dan rumah sakit di Kelurahan Monggonao beberapa waktu lalu. Kini Muhammadiyah Disasster Management Center (MDMC) kembali menggelar kegiatan kesiapsiagaan rumah sakit dan kesiapan masyarakat untuk kedaruratan bencana.

Foto bersama usai kegiatan Kesiapsiagaan Darurat Bencana yang digelar MDMC. Foto: Eric

Kegiatan yang dihelat selama 3 hari itu,  dilaksanakan mulai Sabtu – Senin (7-9/10) di Hotel Mutmainah.  Turut hadiri Plt. Sekda Kota Bima H. Syamsuddin, Ketua MDMC Pusat Budi Setiawan, Kepala BPBD Kota Bima H. Sarafuddin, perwakilan TSBK, dokter, radio dan berbagai organisasi lainnya.

Ketua MDMC Pusat Budi Setiawan menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari pelatihan untuk mempersiapkan program kerja, mulai dari merancang teknis pelaksanaan hingga simulasi tatacara penanganan bencana alam.

“Kegiatan ini dilakukan untuk merancang program kerja penanganan bencana alam. Sehingga para peserta yang hadir dapat mengetahui sistem pelaksanaan kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” jelasnya.

Menurut Budi, dalam penanganan kedaruratan bencana membutuhkan keterlibatan semua stakeholder. Mulai dari pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Maka dalam penanganan seperti ini, tentu yang akan menjadi faktor penting dalam menghadapi bencana, adalah kesiapsiagaan rumah sakit dan juga masyarakat.

Maka, guna mempersiapkan menghadapi bencana tersebut. Pihaknya telah mempunyai program Hospital Preparedness and Community Readiness For Emergency and Disasster (HPCred) yang mempersiapkan rumah sakit menjadi siap siaga dan masyarakat siaga.

Dirinya pun berharap, adanya pelatihan ini seluruh stakeholder yang hadir dapat memahami tugas dan peranan masing-masing.

Sementara itu Plt. Sekda H. Syamsuddin mengapresiasi kehadiran dan sumbangsih tenaga dan pikiran MDMC HPCred. Karena telah menolong, sekaligus memberikan bantuan masyarakat yang tertimpa bencana.

“Terimakasih atas bantuan semua pihak, dalam membantu masyarakat pasca banjir bandang. Terlebih kepada MDMC HPCred, yang saat ini masih terus senantiasa berperan serta membantu masyarakat. Baik dalam bentuk pelatihan, juga menyampaikan informasi penting terkait penanganan bencana kepada masyarakat,” imbuhnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *