LPA dan Dinas Dikbud Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

?Kota Bima, Kahaba.- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima, Sabtu (14/10) kemarin menggelar sosialisasi program Sekolah Ramah Anak. Kegiatan ini bertempat di SDN 65 Kota Bima melibatkan Guru PAUD dan TK se-Kota Bima.

Sosialisasi sekolah ramah anak. Foto: Dok. LPA Kota Bima

Ketua LPA Kota Bima, Juhriati menjelasan, saat ini LPA sedang menggiatkan sekolah ramah anak dalam bentuk sosialisasi ke sekolah-sekolah. Hal ini bertujuan sebagai upaya pencegahan kekerasan dan perlindungan anak berbasis sekolah.

Menurutnya, program sekolah ramah anak dirasakan sangatlah tepat sebagai model sekolah yang memastikan anak secara inklusif berada dalam lingkungan yang aman, nyaman secara fisik, psikis dan sosial.

“Anak juga dapat tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaannya,” jelasnya.

Nilai-nilai mendidik melalui edukasi budaya mensyaratkan sekolah dan orangtua serta masyarakat menggali kearifan lokal. Sehingga anak-anak akan terdidik menjadi generasi yang mengenal dan memahami nilai-nilai kehidupan yang tergali dari kearifan lokal.

Harapannya lanjut Juhriati, anak menjadi generasi yang berbudaya. Endingnya sekolah ramah anak akan tergambar dalam hubungan yang penuh kasih sayang dalam sistim pendidikan.

“Guru mendisik dengan kasih sayang, murid terdidik dengan penuh cinta dan lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang penuh kasih,” ujarnya.

Sekolah ramah anak dalam pengertiannya jelas dia, merupakan sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggungjawab.

Dalam hal ini kata dia, sekolah haruslah terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan, kehidupan sosial serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak. Sekolah sebagai media mendidik anak menjamin anak dari segala bentuk diskriminasi dan memberi penghargaan terhadap anak.

“Rencananya, kita akan lakukan roadshow ke sekolah-sekolah untuk menyoalisasikan program sekolah ramah anak ini,” tambahnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *