Kabar Bima

Besok, 192 Peserta Ikuti Tes Tulis Panwascam

211
×

Besok, 192 Peserta Ikuti Tes Tulis Panwascam

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 192 peserta, Selasa (17/10) besok pagi akan mengikuti tahapan tes tertulis seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Tes akan dilaksanakan di Auditorium Kampus STKIP Taman Siswa Bima.

Besok, 192 Peserta Ikuti Tes Tulis Panwascam - Kabar Harian Bima
Komisioner Panwaslu Kabupaten Bima, Junaidin. Foto: Ady

“Peserta yang mengikuti tes tulis sebanyak 192 orang dari 197 yang mendaftar. Mereka adalah yang lolos tahapan administrasi,” jelas Komisioner Panwaslu Kabupaten Bima, Junaidin, Senin (16/10) pagi.

Besok, 192 Peserta Ikuti Tes Tulis Panwascam - Kabar Harian Bima

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu ini mengatakan, soal tes tulis akan dibawah tangan Bawaslu NTB. Mereka juga akan mengawasi pelaksanaan tes.

“Soal yang disediakan 100 nomor dan dikerjakan selama dua jam. Selanjutnya hasil tes akan diperiksa oleh Pokja dibawah pengaswasan Bawaslu,” terang Junaidin.

Penilaian tes tulis berdasarkan skor. Peserta yang memperoleh skor tertinggi akan diurut dari 1 sampai 6 per kecamatan. Mereka kemudian akan mengikuti tahapan wawancara. Tiga orang diantaranya akan masuk daftar tunggu (waiting list).

“Kita pastikan pelaksanaan setiap tahapan sesuai aturan dan transparan. Tentunya yang kita pilih adalah orang-orang yang punya kemampuan di bidang pengawasan pemilu,” ujarnya.

Junaidin menambahkan, sebelum penetapan peserta yang lolos hasil seleksi akan ada ruang bagi masyarakat untuk memberi tanggapan terhadap calon komisioner Panwascam. Tanggapan itu terkait latar belakang peserta yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan sebelum penetapan.

“Misalnya ada diantara peserta yang masih aktif sebagai pengurus parpol atau terlibat sebagai tim sukses pasangan calon tertentu, bisa dilaporkan masyarakat kepada Panwaslu maupun Pokja,” tandasnya.

*Kahaba-03