Bawaslu Provinsi NTB Pantau Tes Tertulis Panwascam

Kota Bima, Kahaba.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTB memantau pelaksanaan tes tertulis calon anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) tingkat Kota Bima. Agenda ujian tertulis itu digelar ssehari di SMPN 1 Kota Bima, Selasa (17/10).

Tes Tertulis Panwascam Kota Bima. Foto: Eric

Anggota Bawaslu Provinsi NTB Umar Achmad Seth menjelaskan, pelaksanaan ujian tertulis ini merupakan bagian dari tahapan penjaringan anggota Panwascam, yang independen dan berintegritas serta bertanggungjawab penuh selama prosea Pilkada berlangsung.

“Berdasarkan aturan, proses penjaringan tes tertulis ini akan dilangsungkan satu hari saja. Dari 64 peserta asal Kota Bima, 30 orang akan ketahap berikutnya sesuai penilaian tertinggi,” ujarnya.

Setelah 30 peserta kata dia, tahapan berikutnya dilanjutkan dengan tes wawancara dan mengambil 15 peserta. Kemudian ditempatkan masing-masing 3 orang pada 5 kecamatan di Kota Bima.

Ditambahkan Umar, materi tes tertulis yang dikerjakan tidak jauh dari tahapan pemilu, pengawasan pemilu dan undang-undang yang terkait dengan pemilihan kepala daerah.

“Materi soal yang dikerjakan peserta, langsung dibuat oleh tim pusat. Jadi terjamin akuntabilitas dan terpercaya,” tandasnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *