Gempa Tektonik 5,4 SR Guncang Bima

Kota Bima, Kahaba.- Gempa tektonik dengan kekuatan 5,4 Skala Righter (SR) guncang wilayah NTB dan NTT, Selasa pagi (31/10) sekitar pukul 06.37 Wita. Kekuatan gempa tersebut juga sangat terasa di Bima.

Ilustrasi

“Kekuatan gempa 5,4 SR mengguncang wilayah NTB dan NTT. Tapi tidak berpotensi tsunami,” jelas Kepala BMKG Bima Topan Primadi berdasarkan rilis dari Kepala Stasiun Geofisika Mataram.

Kata Topan, episenter terletak di laut pada kordinat 8,90 ?LS dan 118,93?BT. Tepatnya pada 52 km Tenggara Bima NTB, pada kedalaman 130 Km. Sementara tingkat guncangan menunjukkan di wilayah Mataram, Waingapu, Bima, Labuhan Bajo, dan Tambolaka.

“Guncangan dalam skala intensitas II SIG atau III-IV MMI,” sebutnya.

Untuk kedalaman sambung Topan, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah. Akibat dari aktifitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Topan mengimbau masyarakat yang ada di wilayah pesisir NTB, khususnya Bima agar tetap tenang dan tidak panik. Serta tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *