Kabar Bima

Meriahkan HKN ke-53, PKM Penanae Gelar Jalan Sehat

290
×

Meriahkan HKN ke-53, PKM Penanae Gelar Jalan Sehat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Memperingati dan memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017, Puskesmas (PKM) Penanae menggelar jalan sehat yang dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lain, Sabtu (11/11).

Meriahkan HKN ke-53, PKM Penanae Gelar Jalan Sehat - Kabar Harian Bima
Wawali Bima, Kepala Dikes dan Kepala PKM Penanae saat ikut jalan sehat dalam rangka peringatan HKN. Foto: Bin

Jalan sehat dengan tema “Sehat Keluarga Ku, Sehat Indonesia Ku”, dilepas secara resmi oleh Wakil Walikota Bima H Arahman H Abidin. Hadir juga pada kegiatan tersebut Plt Sekda Kota Bima, Kepala Dikes Kota Bima, seluruh kepala PKM di Kota Bima dan jajarannya. Terlihat hadir juga masyarakat di Kecamatan Raba dan mahasiswa dari sekolah kesehatan.

Meriahkan HKN ke-53, PKM Penanae Gelar Jalan Sehat - Kabar Harian Bima

Wakil Walikota Bima pada sambutan sebelum melepas jalan sehat mengapresiasi kegiatan yang digelar PKM Penanae. Kegiatan tersebut tentu dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional.

“Pada akhirnya nanti terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai pada Indonesia sehat,” ujarnya.

Menurut Arahman, peringatan HKN ke-53 juga bisa menjadi momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Di tempat yang sama, Kepala PKM Penanae Abdul Rafik menjelaskan, jalan sehat dimulai pada pukul 06.30 Wita, dengan rute menuju arah timur jalan Gajah Mada, kemudian melewati jalan Soekarno – Hatta ke arah barat dan belok kanan di Masjid Baitul Hamid Kelurahan Penaraga. Lalu kembali finis di PKM Penanae.

Adapun rangkaian kegiatan selain jalan sehat sebut Rafik, seperti lomba penyuluhan antar kader, lomba tata ruangan tingkat puskesmas, pustu dan polindes, lomba senam cerdik, lomba tarik tambak, lomba lari terompah dan lomba lari karung.

Meriahkan HKN ke-53, PKM Penanae Gelar Jalan Sehat - Kabar Harian Bima
Wawali Bima saat menyampaikan sambutan pada jalan sehat HKN. Foto: Bin

“Kami sediakan banyak hadih untuk perlombaan ini,” katanya.

Sambung Rafik, kegiatan tersebut digelar selain silahturahim dengan seluruh masyarakat kecamatan Raba dan jajaran  PKM se-Kota Bima, juga mengajak agar masyarakat berperilaku sehat. Sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih.

“Jika dalam kondisi sehat, produktivitas dan drajat kesehatan masyarakat tentu akan meningkat,” tutur pria yang menyandang gelar SKM, MH itu.

Sementara itu, Kepala Dikes Kota Bima H Azhari yang diminta tanggapannya usai kegiatan menuturkan, Peringatan HKN ke 53 ini tentu juga harus menjadi momen untuk mendorong semangat melayani, semangat menggerakkan dan semangat memberdayakan, guna pencapaian derajat kesehatan yang lebih baik

“Oleh karenanya, untuk mewujudkan visi pembangunan nasional yang sejalan dengan tema HKN, kesehatan merupakan pilar penting untuk meningkatkan kualitas hidup,” tambahnya.

*Kahaba-01