Pengunjung di Perpustakaan Kota Bima Melebihi Target

Kota Bima, Kahaba.- Jumlah pengunjung di perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima tahun ini melampaui target. Dari target 3.000 pengunjung, hingga November jumlahnya nyaris mencapai 4.000 pengunjung.

Mahasiswa saat mencari buku di kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Bima. Foto: Bin

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima Hj Sri Ratnawati mengakui, peningkatan jumlah pengunjung juga terjadi pada tahun – tahun sebelumnya. Ini menandakan, kesadaran masyarakat untuk membaca sudah mulai meningkat.

“Target kita tahun 2017 sebanyak 3.000 pengunjung. Alhamdulillah hingga November kunjungan melampaui target dan mencapai 4.000 orang,” ujarnya, Selasa (22/11).

Diakui Sri, meningkatnya kunjungan tersebut karena pihaknya aktif menyampaikan undangan dibeberapa sekolah. Tidak berselang lama undangan dilayangkan, pelajar pun beramai ramai datang dan menghabiskan waktu untuk membaca dan mengerjakan tugas di perpustakaan.

“Yang lebih banyak berkunjung memang pelajar, kemudian mahasiswa, pegawai dan masyarakat umum,” katanya.

Menurut Sri, pelajar dan mahasiswa rata – rata datang berkelompok dan mencari literatur yang menunjang tugas yang diberikan sekolah. Sementara masyarakat umum dan pegawai, hadir dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk membaca di perpustakaan.

Untuk memberikan apresiasi kepada pengunjung yang sering datang, maka pihaknya memberikan reward, seperti buku yang diinginkan oleh pengunjung tersebut.

“Pegawai dan masyarakat umum yang sering datang juga kita berikan hadiah seperti sarung,” ungkapnya.

Disinggung ketersediaan bahan bacaan, Sri mengaku buku tetap ada. Karena setiap tahun pihaknya selalu melakukan pengadaan buku yang dibutuhkan oleh pembaca.

Bahkan, pihaknya juga menerima banyak sumbangan buku dari berbagai pihak. Seperti dari mahasiswa UGM, beberapa lembaga lain dan juga bahkan dari SKPD.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *