Kepala MAN 2 Mansyur Raih Juara I API Tingkat Nasional

Kota Bima, Kahaba.- Hebat, kata-kata ini layak disematkan kepada Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima, Mansyur. Pria kelahiran 1969 tersebut berhasil menjadi yang terbaik pada Apresiasi Pendidikan Islam (API) Tingkat Nasional, yang dihelat di ICE BSD Serpong Tangerang Provinsi Banten pertengahan November kemarin.

Kepala MAN 2 Kota Bima Mansyur (Keempat dari kiri) saat menerima penghargaan. Foto: Dok MAN 2 Kota Bima

Predikat juara 1 didapatkan setelah meraih nilai tertinggi dari 5 finalis kategori Kepala Madrasyah Aliyah (MA) Berprestasi. Lomba tersebut menjadi agenda rutin Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan API Tahun 2017.

Apresiasi Pendidikan Islam (API) sendiri, merupakan wujud penghargaan dari negara, terhadap semua pihak yang dinilai telah memberikan kontribusi dan sumbangsih dalam pengembangan pendidikan Islam.

“Prestasi ini merupakan apresiasi pemerintah melalui Kemenag Pusat. Karena mampu menginspirasi dan memotivasi kalangan yang lebih luas, dalam rangka menyebarluaskan pendidikan Islam di tanah air,” ujar Mansyur, Selasa (28/11).

Ia menjelaskan, keberhasilan yang telah diraih tersebut merupakan hasil usaha dan kerja keras. Karena selama proses kegiatan berlangsung, dirinya harus berjuang menyisihkan 34 peserta dari seluruh perwakilan masing-masing provinsi se-Indonesia.

“Kerja keras membuahkan hasil. Dari 34 peserta, saya mewakili lima peserta masuk dalam babak grand final. Diantaranya Provinsi Aceh, Sulauwesi Tenggara, DKI Jakarta dan Papua Barat,” bebernya.

Saat babak grand final, selama 2 hari kelima peserta termasuk dirinya harus menulis makalah. Kemudian mempresentasikan menggunakan Bahasa Inggris. Makalah dengan tema ‘Upaya Menjadikan MAN 2 Sebagai Madrasyah Unggulan’ akhirnya menjadi yang terbaik.

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh jajaran Kemenag Kota Bima, keluarga besar MAN 2 Kota Bima beserta keluarga. Karena selalu memberikan motivasi, semangat dan doa selama perlombaan berlangsung,” tandasnya.

Atas penghargaan tersebut, dirinya mendapatkan pula bonus hadiah dari Kemenag Pusat. Berupa belajar di Eropa, dan hadiah utama naik haji di tanah suci Mekkah.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *