Kabar Bima

Peduli Alam, Pol PP Bersama Komunitas Panggita Mbojo Tanam Pohon

285
×

Peduli Alam, Pol PP Bersama Komunitas Panggita Mbojo Tanam Pohon

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Berangkat dari kepedulian pada alam, anggota Dinas Pol PP dan Damkar Kota Bima bersama Komunitas Panggita Mbojo menanam ratusan bibit pohon di So Kawo dan So Tampela Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota, Jumat (1/12).

Peduli Alam, Pol PP Bersama Komunitas Panggita Mbojo Tanam Pohon - Kabar Harian Bima
Pol PP saat tanam pohon di So Kawo dan So Tampela Kelurahan Jatiwangi. Foto: Dok Komunitas Panggita Mbojo

“Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk menyelamatkan hutan dan menghijaukan kembali daerah tangkapan air yang saat ini mulai gundul akibat pembalakan liar,” ujar Danton Dalmas Dinas Pol PP dan Damkar Kota Bima, Arifuddin.

Peduli Alam, Pol PP Bersama Komunitas Panggita Mbojo Tanam Pohon - Kabar Harian Bima

Arif menjelaskan, penanaman pohon dilakukan pada lahan dengan luas mencapai satu hektar. Sementara ratusan pohon berbagai jenis yang ditanam seperti Kemiri, Matoa, Nangka, Kelengkeng, Mahoni serta beberapa jenis pohon lainnya.

Dirinya meyakini, jenis pohon yang ditanam akan mampu menjaga ketersediaan air, sekaligus menjaga kesuburan tanah. Sehingga dapat membantu menciptakan wilayah serapan air dan membantu pengurangan dampak perubahan iklim.

Sementara itu Anggota Komunitas Panggita Mbojo Abdul Faruk menambahkan, aksi tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan penanaman pohon sebelumnya yang dilakukan jajaran Pemerintah Kota Bima, TNI, Polri dengan komunitas Circle-K pada awal bulan Mei lalu.

Menurut dia, sudah menjadi kewajiban semua untuk melindungi dan melestarikan hutan. Maka dengan menjaganya, harus membutuhkan komitmen bersama antara seluruh elemen bersama pemerintah. Dengan membangun komunikasi dan koordinasi dalam melindungi hutan secara bersama.

“Kami meyakini, dengan komitmen bersama, hutan dapat diselematkan. Demi anak cucu nanti,” tambahnya.

*Kahaba-04