Kabar Bima

Santai dan Tidak Formalitas, Syafrudin Sisir 12 Desa di Palibelo

229
×

Santai dan Tidak Formalitas, Syafrudin Sisir 12 Desa di Palibelo

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Memanfaatkan masa resesnya untuk kembali ke konstituen. Anggota DPR RI dari Dapil NTB, HM Syafrudin menyambangi desa-desa di Kecamatan Palibelo, Selasa (12/12). 12 desa disisir Syafrudin dalam sehari. Seperti biasa, dia melakukannya dengan santai dan tanpa formalitas.

Santai dan Tidak Formalitas, Syafrudin Sisir 12 Desa di Palibelo - Kabar Harian Bima
Syafrudin foto bersama dengan warga di Kecamatan Palibelo. Foto: Istimewa

Kata Rudy Mbojo – begitu ia biasa disapa, ia memulai dengan mendatangi Desa Tonggondoa, Kecamatan Palibelo. Pertemuan dengan warga setempat ia lakukan dengan sangat sederhana, seperti biasa tanpa formalitas. Itu dimaksud agar bisa memangkas jarak antara dirinya dengan konstituen.

Santai dan Tidak Formalitas, Syafrudin Sisir 12 Desa di Palibelo - Kabar Harian Bima

“Kalau tanpa protokoler, itu lebih enak. Kita bebas untuk berbicara warga desa. Sehingga lebih banyak yang kita dengar,” ujar Anggota DPR RI dari PAN ini saat menyampaikan rilis di media ini.

Menurutnya, turun dan mendengarkan masukan dari masyarakat adalah kewajiban seorang wakil rakyat. Tanpa itu, wakil rakyat bisa kehilangan hubungan emosional dengan rakyat yang diwakilinya.

“Seorang wakil rakyat dan rakyat yang diwakilinya harus seiring sejalan,” tuturnya.

Karena itulah, dalam berbagai aktivitas kunjungannya, Syafrudin sangat menjauhi formalitas. Meski tetap berpenampilan rapi, namun tidak ada kesan berlebihan saat reses. Ia tetap setia berkeliling mengenakan sandal jepit dengan kemeja putih dan celana bahan yang sederhana.

Setiap desa yang ia kelilingi tidak harus memberikan sambutan resmi. Terkadang, ia hanya diterima oleh beberapa staf atau petugas yang sedang berada di kantor desa jika sang kepala desa sedang tidak berada di tempat.

Di masa jabatannya kali ini, Syafrudin lebih memfokuskan pembagian bantuan untuk seluruh desa di Kabupaten Sumbawa. Pada Pemilu 2019 mendatang, ia memang berencana akan kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil NTB 2, di Pulau Sumbawa.

Jenis bantuan pun telah berganti. Jika dulunya Syafrudin berkeliling membagikan kursi, maka dalam beberapa bulan terakhir, bantuan yang disalurkan berupa lima galon cat, lengkap dengan peralatan mengecatnya.

“Semua bantuan ini saya harap bisa memberikan manfaat yang cukup dirasakan untuk perbaikan sarana di desa-desa yang dikunjungi,” pintanya.

Kepala Desa Tonggondao, Palibelo, Husen Arsyad memberikan apresiasinya atas kehadiran Syafrudin.

“Beliau ini rajin turun ke desa. Ini beliau turun ke 12 desa di Kecamatan Palibelo, dalam rangka resesnya. Bahkan nanti beliau akan terjun ke seluruh pulau Sumbawa,” ujar Husen.

Husen menjelaskan, pihaknya juga berterima kasih atas bantuan berupa 5 galon cat yang diberikan oleh Syafrudin kepada pihaknya. Ia pun mengutarakan pertemuan Syafrudin dengan masyarakat di masa resesnya ini cukup bermanfaat untuk membangun komunikasi politik yang sehat antara rakyat dengan wakil rakyat mereka.

“Kita berharap aspirasi ini bisa diperjuangkan oleh beliau,” tambah Husen.

*Kahaba-01