Verifikasi Faktual Mulai Berjalan, Pengawasan Tingkat PPL Belum Ada

Kota Bima, Kahaba.- Tahapan verifikasi faktual untuk bakal pasangan calon perseorangan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima 2018 mulai berjalan hari ini, Selasa (12/12). Namun, Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) rupanya hingga kini belum direkrut oleh Panwaslu Kota Bima untuk membantu tugas pengawasan.

Ilustrasi

Padahal, tahapan pengawasan verifikasi faktual penting untuk dilakukan. Agar bisa memastikan, proses faktual berjalan dengan baik. Jika tidak diawasi, maka keabsahan pelaksanaan verifikasi faktual patut dipertanyakan.

Menyikapi itu, Komisioner Panwaslu Kota Bima Idhar mengakui, berdasarkan arahan dari Bawaslu RI perekrutan PPL baru akan dilakukan pada Januari 2018 mendatang secara serentak bagi semua daerah yang melaksanakan Pilkada.

“Masa kerja PPL nantinya hanya 6 bulan saja. Jadi bukan hanya Kota Bima yang belum merekrut tapi semua daerah,” jelasnya ditemui di Kantor Panwaslu Kota Bima, Selasa (12/12) siang.

Untuk tugas pengawasan verifikasi faktual kata dia, pihaknya mengerahkan semua personil Panwascam dan membagi tim dibantu staf sekretariat. 1 Personil Panwascam akan mengawasi 1 kelurahan.

“Hanya di Kecamatan Raba yang kurang. Personil kita 10 orang disana, sementara kelurahan ada 11. Makanya nanti akan dibantu tenaga sekretariat Kota Bima,” ujarnya.

Staf sekretariat yang akan membantu tugas pengawasan lanjutnya, akan dibekali dengan surat tugas. Mereka juga sudah Bimtek kaitan tugas pengawasan, sudah disupervisi serta diberi penguatan.

“Tahapan verifikasi faktual ini mulai 12 Desember hingga 25 Desember 2017. Kami berharap kepada personil untuk selalu menjaga integritas, bekerja dengan penuh waktu, bersikap jujur dan adil kepada semua bakal pasangan calon,” ingatnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *