Kabar Bima

Upacara HUT NTB ke-59, Wawali: NTB Torehkan Capaian yang Sangat Baik

210
×

Upacara HUT NTB ke-59, Wawali: NTB Torehkan Capaian yang Sangat Baik

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Nusa Tenggara Barat (NTB) ke-59, Minggu (17/12) di halaman Kantor Walikota Bima. Kegiatan itu dirangkaikan dengan Peringatan Hari Bela Negara tingkat Kota Bima Tahun 2017. Upacara berlangsung khidmad dan sederhana. Wakil Walikota (Wawali) H A Rahman H Abidin bertindak selaku Inspektur Upacara.

Upacara HUT NTB ke-59, Wawali: NTB Torehkan Capaian yang Sangat Baik - Kabar Harian Bima
Wakil Walikota Bima saat menyerahkan piala hadiah lomba kebersihan kelurahan saat Upacara HUT NTB. Foto: Istimewa

Hadir pula dalam upacara tersebut Anggota FKPD Kota Bima, anggota DPRD Kota Bima, Ketua Bhayangkari Kota Bima, para Kepala OPD Lingkup pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah serta organisasi wanita se-Kota Bima.

Upacara HUT NTB ke-59, Wawali: NTB Torehkan Capaian yang Sangat Baik - Kabar Harian Bima

Wawali saat membacakan sambutan Gubernur NTB menyampaikan mengenai potret pembangunan NTB dalam 9 tahun terakhir. Dengan dukungan seluruh masyarakat, NTB kini berada pada track yang benar dan terus menorehkan pencapaian-pencapaian yang baik serta menumbuhkan optimisme yang terus berkembang.

Pada sektor ekonomi tahun 2015 NTB pernah mencatat sebagai daerah dengan laju pertumbuhan ekonomi terbaik mencapai 9,9 persen, jauh melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya sebesar 4,9 persen. Pencapaian ini pun berlangsung secara konsisten selama 3 tahun berturut-turut.

“Demikian pula dengan penurunan angka kemiskinan juga menunjukkan capaian yang progresif hingga pada tahun 2016 manjadi 16,02 persen,” sebutnya.

Dengan beberapa lompatan kinerja pembangunan tersebut katanya, dinilai progresif secara nasional. Provinsi NTB dinobatkan sebagai Top Mover dalam pencapaian IPM selama 2 tahun berturut-turut.

“Semua keberhasilan tersebut bukanlah hasil perjuangan pemerintah semata, tetapi keberhasilan ini adalah hasil sinergi pemerintah dengan masyarakat dan seluruh stakeholders lainnya,” ujar Wawali.

Baginya beberapa pencapaian baik nasional maupun internasional yang diraih pada hampir semua sektor pembangunan ini juga semakin sempurna dengan dianugerahkannya gelar pahlawan kepada salah seorang putera terbaik NTB Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

“Semoga kebersamaa dan sinergi yang telah terjalin ini, dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi di masa-masa yang akan datang, demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk NTB yang beriman, berbudaya, berdaya saing saing dan sejahtera,” harapnya.

Diakhir sambutan, Wawali mengimbau agar seluruh elemen fokus pada upaya pencapaian indikator-indikator kinerja yang telah ditetapkan didalam RPJMD, dengan meningkatkan sinergi, koordinasi dan komunikasi antar sektor sehingga diharapkan seluruh indikator RPJMD dapat tercapai dengan baik.

Demikian pula terkait dengan agenda demokrasi Pilkada 2018 mendatang diharapkannya seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk menyukseskannya dengan mengedepankan politik yang santun, mencerdaskan dan bermartabat.

*Kahaba-01/Hum