Kabar Bima

Operator SID se-Ambalawi Dilatih Cara Gunakan Aplikasi

238
×

Operator SID se-Ambalawi Dilatih Cara Gunakan Aplikasi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Operator Sistem Informasi Desa (SID) se-Kecamatan Ambalawi mendapatkan pelatihan tentang cara penggunaan Aplikasi SID. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu (20/12) hingga Kamis (21/12).

Operator SID se-Ambalawi Dilatih Cara Gunakan Aplikasi - Kabar Harian Bima
Pelatihan Operator SID se-Kecamatan Ambalawi. Foto: Dok Operator SID

Ketua Panitia Arif Rahman menjelaskan, pelatihan itu merupakan upaya meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat karena seluruh desa se-Kabupaten Bima akan diterapkan penggunaan SID. Anggaran pelatihan tersebut bersumber dari swadaya Rp 1 juta perdesa.

Operator SID se-Ambalawi Dilatih Cara Gunakan Aplikasi - Kabar Harian Bima

“Sejatinya beberapa operator  sudah ada yang aktif bahkan telah menginput data kependudukannya bermodalkan otodidak. Semoga lewat pelatihan ini dapat memaksimalkan peran operator dalam menginput data-data informasi tentang desa,” harapnya.

Kasi Pemerintahan dan Kabid Pemdes DPMDes Kabupaten Bima El Faisal dalam arahannya menyampaikan pentingnya desa menerapkan SID. Selain memudahka akses informasi juga mempercepat pelayanan terhadap masyarakat.

Dengan penggunaan SID kata dia, siapapun yang ingin mengakses informasi tentang desa dapat langsung mengaksesnya. Bahkan lewat website desa, seperti informasi jumlah penduduk, berdasarkan umur, jenis pekerjaan hingga status perkawinan seseorang. Selain itu, SID juga memudahkan pelayanan administrasi desa seperti surat menyurat.

Kalau selama ini desa membuat surat sedikit kesulitan mengedit lewat Microsoft Word, maka sekarang lewat SID cukup menulis NIK pembuat surat langsung keluar jenis surat yang diinginkan. Sebab di dalam aplikasi telah tersedia lebih kurang 60 jenis surat atau keterangan masyarakat.

“Ke depan desa bisa melayani surat atau keterangan masyarakat hanya dalam waktu 3 menit selesai,” tuturnya.

Pelatihan dihadiri juga oleh Camat Ambalawi, dan Operator SID dari wilayah binaan Kompak sebagai fasilitator yang akan melatih operator tentang cara mengoperasikan aplikasi SID.

*Kahaba-03