Malam Tahun Baru 2018, Wilayah Kota Bima Diprediksi Hujan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bima memprediksi akan terjadi hujan ringan di wilayah Kota Bima pada malam pergantian tahun baru 2018. Hujan ringan juga diprediksi terjadi di Wawo, Langgudu, Sape, Woha, Monta dan Dompu.

Foto, Prakiraan Curah Hujan Januari 2018. Dok, BMKG

“Sementara untuk wilayah yang berpotensi hujan sedang – lebat adalah Tambora, Sanggar, Donggo dan Madapangga,” jelas Staf Prakirawan BMKG Bima Laksita Widomurti melalui rilis yang diterima Kahaba.net, Sabtu (30/12) sore.

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana yang akan terjadi di wilayah Bima-Dompu. Seperti banjir bandang, tanah longsor, genangan air, angin kencang dan tinggi gelombang laut.

Sebab pada masa seperti ini kondisi cuaca dapat berubah sewaktu-waktu dengan cepat. Apalagi memasuki musim hujan 2018, terutama pada saat puncak musim hujan Januari 2018.

“BMKG Bima akan selalu menginformasikan peringatan dini cuaca kepada stakeholder dan masyarakat melalui beberapa sarana diseminasi informasi sehingga informasi dapat dengan cepat, tepat, akurat, dijangkau masyarakat luas serta mudah dipahami,” kata dia.

Adapun kondisi global, regional dan lokal wilayah Bima-Dompu paparnya, berdasarkan data klimatologi, wilayah Bima-Dompu sudah memasuki musim hujan. Hal ini terlihat dari peta monitoring hari tanpa hujan (HTH) yang menunjukkan frekwensi kejadian hujan antara 1-5 hari masih terjadi hujan.

Kemudian di dukung oleh peta probabilistik curah hujan untuk wilayah Bima – Dompu dengan intensitas rata-rata hujan sedang – lebat, dengan kata lain frekwensi kejadian hujan jarang terjadi namun memiliki intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

“Kondisi La Nina diprediksi tidak begitu mempengaruhi musim hujan tahun 2017-2018 karena dalam kondisi lemah hingga Mei 2018, sehingga panjang musim hujan tahun ini akan sama seperti tahun sebelumnya,” terang dia.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *