Kabar Bima

Baznas Salurkan Bantuan Rp 400 Juta Untuk 8 Asnaf

238
×

Baznas Salurkan Bantuan Rp 400 Juta Untuk 8 Asnaf

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Selama tahun 2017 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima telah menyalurkan zakat dan infaq sebanyak Rp 400 juta untuk 4.070 fakir, miskin, amilin, muallaf, gharimin, riqab, fisabilillah dan ibnu sabil (8 Asnaf) yang tersebar di 5 kecamatan.

Baznas Salurkan Bantuan Rp 400 Juta Untuk 8 Asnaf - Kabar Harian Bima
Pembagian zakat fakir miskin di Kelurahan Kumbe. Foto: Eric

Ketua BAZNAS Kota Bima  H Abakar Haris menjelaskan, penyerahan bantuan tersebut untuk orang-orang yang berhak menerima sesuai ketentuan syariat Islam. Sementara bantuan yang disalurkan berupa sejumlah uang, agar dapat dipergunakan penerima manfaat.

Baznas Salurkan Bantuan Rp 400 Juta Untuk 8 Asnaf - Kabar Harian Bima

Mantan Assisten III setda Kota Bima itu mengungkapkan, berdasarkan data 4.070 warga yang telah mendapatkan bantuan itu ada di 30 Kelurahan. Sedangkan 8 Kelurahan yang belum disalurkan, masih ada sekitar 800 warga lain yang masih didata dan akan segera diberikan bantuan.

“Untuk 8 Kelurahan yang belum disalurkan, diupayakan rampung akhir bulan ini. Ada 800 warga sebagai penerima manfaat, dengan total dana Rp80 juta,” bebernya, Kamis (4/1).

Haris mengaku, sumber penerimaan dana yang terbesar di Baznas adalah zakat penghasilan gaji pegawai, dan juga masyarakat. Saat disalurkan, pihaknya tetap melakukan secara transparan dan akuntabel.

“Dana yang kami salurkan merupakan amanah dari pemerintah dan juga masyarakat, jadi harus dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan,” tambahnya.

*Kahaba-04