2 Tahun Memimpin, Kades Kananta Tuntaskan 19 Program

Kabupaten Bima, Kahaba.- Gebrakan Kepala Desa (Kades) Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima Aidin Abdullah, patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, hanya dalam waktu 2 tahun memimpin desa setempat banyak prestasi dan program yang ditorehkan.

Kepala Desa Kananta Aidin Abdullah. Foto: Bin

Aidin memaparkan, dari 23 program unggulan yang menjadi visi-misi saat mengambil hati rakyatnya, tinggal 4 program yang masih dalam proses penyelesaian. Sementara 19 program sudah selesai dikerjakan.

Program-program unggulan tersebut seperti memperingati hari-hari Islam, meningkatkan insentif imam, bilal, guru ngaji, melaksanakan Jum’at silahturahmi, menjemput program Dam Sorikabaho, pembukaan jalan tani, pengadaan air minum yang mengairi perkampungan dan pertanian, program bedah rumah, menjalin kerjasama dengan seluruh instansi desa dan kecamatan untuk tukar program.

Kemudian mendirikan BUMDes, menata lingkungan desa dan pertanian, pelatihan administrasi perangkat desa, meningkatkan sarana dan prasarana kantor desa, pelatihan kewirausahaan, peternakan serta otomotif, peningkatan sarana dan prasarana olahraga, meningkatkan semua lembaga desa, membangun drainase di beberapa gang, persiapan tanah kuburan, menyelesaikan beberapa program yang tertunda pemerintah seperti talud sampa nanga, Dam Diwujara dan jalan Nggeri.

“4 program yakni, pemekaran beberapa dusun, memperjelas batas wilayah Desa, pembentukan koperasi nelayan dan pembangunan Kantor BPD serta Balai pertemuan yang belum diselesaikan itu tengah dalam proses. Insya Allah di tahun 2018 ini semua akan diselesaikan,” inginnya saat ditemui di Kantornya, Kamis (18/1).

Menurut Aidin, 23 program yang dicanangkan itu untuk program selama enam tahun masa jabatan. Namun, semua itu bisa dilaksanakan dan diselesaikan hingga 75 persen ini berkat kerja keras dan kerjasama yang baik perangkat dan masyarakat.

“Ini bentuk komitmen saya dalam membangun dan membina desa yang saya pimpin,” ujarnya.

Waktu 2 tahun memimpin katanya, bukan hal yang singkat baginya untuk menyelesaikan semua program tersebut. Dia meyakini, membangun desa dengan niat yang ikhlas dan sabar pasti bisa menjalankannya sesuai harapan.

“Saya yakin, Desa Kananta akan menjadi Desa ibu kota Kecamatan yang menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kecamatan Soromandi ini,” katanya optimis.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *