5.367 Dukungan Perbaikan SW Mulai Diverifikasi KPU

Kota Bima, Kahaba.- Bakal Pasangan Calon (Paslon) jalur perseorangan Subhan-Wahyudin (SW) telah menyerahkan syarat dukungan perbaikan kepada KPU Kota Bima sebanyak 5.367 dukungan kemarin. Terhadap dukungan perbaikan ini, KPU mulai melakukan verifikasi administrasi untuk memastikan kevalidannya.

Tim pasangan Subhan – Wahyuddin saat menyerahkan syarat dukungan perbaikan ke KPU Kota Bima. Foto: Bin

“Tadi malam sudah selesai kita berikan tanda terima dan setelah dihitung jumlahnya 5.367 dukungan. Kami cek formulir B1-KWK juga lengkap, begitu juga surat pernyataan dukungannya,” jelas Ketua KPU Kota Bima Bukhari.

Surat pernyataan dukungan Paslon SW yang dibawa tidak dalam bentuk kolektif. Melainkan dibuat setiap satu dukungan satu surat pernyataan. Setelah diterima, KPU langsung mulai melakukan verifikasi administrasi.

Verifikasi itu untuk melihat kebenaran dokumen apakah sesuai, apakah benar ada KTP, surat pernyataan yang dilampiri dengan KTP, serta KTP yang dilampirkan adalah warga yang berhak memberikan dukungan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bima.

“Kita akan lakukan verifikasi administrasi sampai dengan 26 Januari. Kemudian 27-29 Januari penyampaian hasil analisis dugaan kegandaan syarat dukungan kepada PPS. Dilanjutkan verifikasi faktual oleh PPS pada 30 Januari-5 Februari,” terangnya.

Bukhari melanjutkan, proses verifikasi faktual sebagaimana ketentuan PKPU dan Keputusan KPU tentang pencalonan Gubernur, Wakil Gubernur NTB, Walikota dan Wakil Walikota Bima dengan sistem dikumpulkan.

Tim bakal paslan akan mengumpulkan pendukung di satu tempat setelah berkoordinasi dengan PPS dan PPL. Tempanya disepakati bersama, bisa dilakukan di kantor PPS atau di luar kantor PPS semasih dalam kelurahan setempat demi memudahkan koordinasi.

“Pengumpulan warga pendukung bisa juga dilakukan secara bertahap dalam waktu 7 hari itu,” ujarnya.

Sementara untuk Bakal Paslon Taufik-Usman AK (Tofi-Usman) hingga Jum’at (19/1) siang belum menyerahkan dukungan perbaikan. KPU masih menunggu penyerahan dukungan dokumen perbaikan tersebut hingga 20 Januari besok.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *