Kondisi RSU Sondosia Kotor dan Jorok, Keluarga Pasien Ngeluh

Kabupaten Bima, Kahaba.- RSUD Sondosia seperti tidak ada yang mengurus. Sampah berserakan dimana – mana. Ada juga genangan air dibeberapa tempat, seperti di ruang rawat inap. Kondisinya terpantau kotor dan jorok.

Genangan air disalah satu ruangan RSU Sondosia. Foto: Yadien

Kondisi tersebut pun dikeluhkan keluarga pasien. Seperti keluarga pasien asal Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Syarifudin. Kata dia, ruangan Isolasi kelas II B dikelilingi genangan air. Sangat memprihatinkan, karena nyamuk berkembangbiak lewat genangan air tersebut.

“Ruangan Infeksi juga dikelilingi genangan air. Ini Rumah Sakit atau apa,” tanyanya heran.

Kata Syarifudin, tidak hanya itu, halaman RSU Sondosia juga ditumbuhi semak belukar. Jalan menuju ruangan tersebut sulit dilalui. Pasalnya, setiap pengunjung harus melewati jalan becek.

“Ini tidak boleh tampak di rumah sakit karena tidak sesuai dengan standar kenyamanan,” katanya.

Keluarga pasien lainnya, Feri membenarkan kondisi RSUD Sondosia seperti itu. Tidak saja ruangan kelas II B yang dikelilingi genangan air, ruangan lainnya juga seperti itu. Mestinya, kondisi itu tidak boleh ada. Karena hal itu sangat mempnegaruhi kesehatan pasien.

Sampah berserakan di lingkungan RSU Sondosia. Foto: Yadien

“Bagaimana pasien bisa sembuh kalau kondisinya kotor seperti ini,” sorotnya.

Sementara Direktur RSUD Sondosia H Adi Winarko yang dikonfirmasi, Senin (22/1) membenarkan kondisi RSU Sondosia seperti yang dikeluhkan keluarga pasien. Menindaklanjuti keluhan tersebut, pihaknya akan mengupayakan untuk menimbun genangan air disekitar ruangan rawat inap tersebut.

“Nanti akan kami timbun, jika sudah ada anggaranya,” ujarnya.

Disinggung total anggaran milliaran yang dikelola RSUD Sondosia setiap tahun, dijelaskannya penggunakan anggaran yang dikelola tersebut harus dikoordinasikan dulu dengan Pemerintah Daerah.

“Sementara untuk penimbunan itu kami butuh anggaran besar,” katanya.

Kata Adi, nanti kalau sudah ada anggaran, pihaknya akan membuat drainase untuk pembuangan air. Karena disekitar ruangan rawat inap belum memiliki drainase.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *