Tingkatkan Kapasitas, Jurnalis Desa Rabakodo Dilatih Teknis Menulis

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Rabakodo dan Badan Pemberdayaan Desa (BPD), Sabtu (27/1) menggagas pelatihan kader media. Kegiatan yang digelar di kantor desa ini diarahkan untuk meningkatkan kapasitas Jurnalis Desa Rabakodo yang terbentuk setahun lalu, terutama teknis menulis berita.

Pelatihan jurnalistik di Kantor Desa Rabakodo. Foto: Istimewa

Ketua BPD Rabakodo Agus Riawan mengatakan, informasi terkait berbagai aktivitas masyarakat desa, potensi desa hingga kegiatan pemerintah desa merupakan sebuah keharusan di era keterbukaan informasi saat ini.

Karena itu kata Agus, hadirnya Jurnalis Desa diharapkan dapat menjembatani distribusi informasi itu ke masyarakat. Tidak saja untuk masyarakat Desa Rabakodo, tetapi agar diketahui masyarakat Kabupaten Bima bahkan luar daerah secara luas.

Diakuinya, Desa Rabakodo Kecamatan Woha, salah satu desa yang kini telah memiliki kader media dan menjadi Jurnalis Desa. Penyebarluasan informasi desa cukup terbantu dengan keberadaan Jurnalis Desa.

“Sementara ini penyebarluasan informasi dari tulisan Jurnalis baru melalui media sosial dan website. Mudah-mudahan melalui pelatihan ini, mereka lebih produktif lagi menulis,” harap Agus.

Koordinator Jurnalis Desa Rabakodo Danil mengatakan, anggotanya yang aktif sebagai kader media sebanyak 8 orang. Sebelumnya telah dibekali dengan pelatihan tentang dasar-dasar jurnalistik. Namun diakuinya, pemantapan cara menulis berita masih sangat diperlukan.

“Alhamdulillah kami sebenarnya sudah menulis sejumlah berita desa. Tapi masih kurang paham teknis penulisan berita yang baik. Karena itu, butuh pencerahan lagi melalui pelatihan ini,” ujarnya.

Untuk memfasilitasi pelatihan, BPD menghadirkan Redaktur Pelaksana Media Online Kahaba.net Ady Supriadin dan Media Online Incinews.com Taufikurrahman. Keduanya memaparkan teknis penulisan berita, teknis wawancara dan pengelolaan berita di ruang redaksi.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *