Gerhana Bulan Malam Ini, Kemenag Imbau Untuk Sholat Sunnah

Kota Bima, Kahaba.- Fenomena langka berupa Gerhana Bulan Total atau dikenal dengan istilah Super Blue Blood Moon, Rabu (31/1) mala mini akan disaksikan masyarakat seluruh Indonesia. Di Kota Bima, penampakan Gerhana Bulan Total puncaknya akan terjadi pada Pukul 23.11 Wita.

Ilustrasi

Kasi Binmas Islam Kemenag Kota Bima Eka Iskandar Z mengatakan, sesuai dengan tuntunan Rasulullah, ketika terjadi gerhana bulan umat Islam disunnahkan untuk sholat sunnah gerhana bulan (khusuf al qamar).

Kemenag telah mengeluarkan surat imbauan sejak 24 Januari lalu menyerukan kepada jajaran Kemenag untuk bersama para ulama, para pemimpin ormas Islam, imam masjid, pimpinan pondok pesantren, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana bulan di wilayah masing-masing.

“Pelaksanaan sholat gerhana bulan disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing,” kata Eka.

Saat sholat sunnah gerhana bulan lanjutnya, ada beberapa amalan yang disunnahkan Rasulullah SAW. Diantaranya, disunnahkan menyampaikan khutbah setelah selesai sholat, dianjurkan perbanyak istigfar, berzikir, berdo’a, bertakbir serta berlindung kepada Allah dari azab neraka dan azab kubur.

*Kahaba-03 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *