Kabar Bima

Gerhana Bulan Malam Ini, Kemenag Imbau Untuk Sholat Sunnah

282
×

Gerhana Bulan Malam Ini, Kemenag Imbau Untuk Sholat Sunnah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Fenomena langka berupa Gerhana Bulan Total atau dikenal dengan istilah Super Blue Blood Moon, Rabu (31/1) mala mini akan disaksikan masyarakat seluruh Indonesia. Di Kota Bima, penampakan Gerhana Bulan Total puncaknya akan terjadi pada Pukul 23.11 Wita.

Gerhana Bulan Malam Ini, Kemenag Imbau Untuk Sholat Sunnah - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

Kasi Binmas Islam Kemenag Kota Bima Eka Iskandar Z mengatakan, sesuai dengan tuntunan Rasulullah, ketika terjadi gerhana bulan umat Islam disunnahkan untuk sholat sunnah gerhana bulan (khusuf al qamar).

Gerhana Bulan Malam Ini, Kemenag Imbau Untuk Sholat Sunnah - Kabar Harian Bima

Kemenag telah mengeluarkan surat imbauan sejak 24 Januari lalu menyerukan kepada jajaran Kemenag untuk bersama para ulama, para pemimpin ormas Islam, imam masjid, pimpinan pondok pesantren, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana bulan di wilayah masing-masing.

“Pelaksanaan sholat gerhana bulan disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing,” kata Eka.

Saat sholat sunnah gerhana bulan lanjutnya, ada beberapa amalan yang disunnahkan Rasulullah SAW. Diantaranya, disunnahkan menyampaikan khutbah setelah selesai sholat, dianjurkan perbanyak istigfar, berzikir, berdo’a, bertakbir serta berlindung kepada Allah dari azab neraka dan azab kubur.

*Kahaba-03