Kabar Bima

Siapkan Calon Pemimpin, SMPN 1 Wera Adakan Sekolah Kepemimpinan

267
×

Siapkan Calon Pemimpin, SMPN 1 Wera Adakan Sekolah Kepemimpinan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Nilai-nilai kepimpinan sejatinya harus mulai ditanamkan sejak dini, untuk mempersiapkan generasi menjadi calon pemimpin terbaik di masa depan. Hal inilah yang dilakukan SMP Negeri 1 Wera Kecamatan Wera melalui sekolah kepemimpinan siswa, Minggu (4/2) pagi.

Siapkan Calon Pemimpin, SMPN 1 Wera Adakan Sekolah Kepemimpinan - Kabar Harian Bima
Suasana kegiatan sekolah kepemimpinan yang digelar SMPN 1 Wera. Foto: Dok SMPN 1 Wera

Kegiatan yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus OSIS SMP Negeri 1 Wera itu diikuti sebanyak 60 peserta. Mereka merupakan gabungan dari pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Unit Kesehatan Sekolah, Organisasi Pramuka, dan Sanggar Seni SMP Negeri I Wera.

Siapkan Calon Pemimpin, SMPN 1 Wera Adakan Sekolah Kepemimpinan - Kabar Harian Bima

Wakil Kepala SMP Negeri 1 Wera Bagian Kesiswaan dan Kurikulum Erwin mengatakan, ia sengaja mendesain program yang menarik minat siswa melalui kegiatan bertajuk Sekolah Kepemimpinan Siswa. Kegiatan tersebut mengusung tema Membangun Etos Kepemimpinan Siswa.

Bertujuan untuk memastikan semangat kepemimpinan dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal dalam institusi sekolah. Kemudian disertai pula dengan terbangunnya proses revitalisasi organisasi kesiswaan yang kelak dapat berlangsung secara berkelanjutan, selaras dengan bakat, minat dan kebutuhan siswa maupun kebutuhan zaman.

“Secara umum, Siswa-siswi dilatih agar dapat mengembangkan kompetensi kepemimpinan, baik yang berkaitan dengan karakter kepemimpinan, pemikiran kepemimpinan maupun keterampilan kepemimpinan,” jelasnya.

Pera peserta lanjutnya, juga dilatih dan disuguhi materi seputar pembangunan pikiran, pembangunan karakter, manajeman organisasi dan kepemimpinan, strategi perencanaan, teknik pengambilan keputusan dan nilai-nilai lokal dalam kepemimpinan oraganisasi kesiswaan.

“Materi-materi itu sampaikan melalui proses ceramah, diskusi kelompok, presentasi, demonstrasi dan diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut dalam mengembangkan kegiatan kesiswaan,” paparnya.

Erwin menambahkan, para peserta didampingi oleh fasilitator yang berkompoten dibidang pelatihan, yakni mereka yang berlatar belakang trainer di organisasi kemahasiswaan HMI dan juga para praktisi pendidikan di Wera.

*Kahaba-03