Kabar Bima

BMKG Bima Sosialisasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ke Pelajar

270
×

BMKG Bima Sosialisasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ke Pelajar

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Stasiun Meteorologi Muhammad Salahuddin Bima atau BMKG Bima menggagas kegiatan inovatif bertajuk “BMKG Goes To Public”. Sasaran awal kegiatan ini diarahkan ke sekolah-sekolah tingkat SMA sederajat di Kota Bima. Untuk tahap pertama, BMKG masuk di MAN 1 Kota Bima, Jum’at (9/2).

BMKG Bima Sosialisasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ke Pelajar - Kabar Harian Bima
Kepala BMKG Bima saat menjelaskan istilah MKG ke Pelajar MAN 1 Kota Bima. Foto: Dok BMKG Bima

Kepala BMKG Bima Satria Topan Primadi mengatakan, kegiatan di MAN 1 Kota Bima merupakan yang pertama kali dilakukan. BMKG goes to public adalah kegiatan sosialisasi kepada pelajar SMA sederajat di wilayah Kota Bima.

BMKG Bima Sosialisasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ke Pelajar - Kabar Harian Bima

Sosialisasi itu kata dia, berisikan informasi tentang pengenalan terhadap informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG), istilah-istilah yang ada di MKG, jenis informasi yang di terbitkan oleh Stasiun Meteorologi Muhammad Salahuddin Bima dan yang tidak kalah penting agar publik dapat menjadi bagian dari BMKG.

“Masyarakat diharapkan sejak dini mengetahui dan memahami informasi MKG serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap informasi MKG, khususnya Cuaca,” jelas dia.

Hal ini selaras dengan salah satu tugas pokok dari Stasiun Meteorologi Muhammad Salahuddin Bima yakni memberikan informasi yang berkaitan dengan MKG. Namun, kadangkala informasi yang diberikan tidak dapat ditangkap dengan baik oleh masyarakat.

Hal tersebut menurutnya, disebabkan masyarakat tidak mengenali istilah-istilah yang ada. Kondisi inilah yang memotivasi dan mendorong Stasiun Meteorologi Bima untuk menjemput bola dengan turun langsung ke masyarakat.

Melalui program BMKG goes to publik masyarakat diharapkan mengetahui, memahami, dan terbiasa dengan istilah yang ada pada informasi MKG. Tujuan akhir kegiatan, masyarakat akan jauh lebih peduli terhadap setiap informasi yang diterbitkan oleh Stasiun Meteorologi Muhammad Salahuddin Bima.

“Rencananya, kegiatan seperti ini akan dilakukan diseluruh SMA sederajat di Kota Bima. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menyambangi kampus yang ada di wilayah Bima,” tuturnya.

*Kahaba-03