Kabar Bima

Gelar Simulasi Kesiapsiagaan, PT PLN Gandeng Basarnas, Pol PP dan Damkar

260
×

Gelar Simulasi Kesiapsiagaan, PT PLN Gandeng Basarnas, Pol PP dan Damkar

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- PT PLN (Persero) Area Bima  menggelar kegiatan pelatihan dan simulasi kesiapsiagan dan tanggap darurat di halaman depan Kantor PLN Area Bima, Jumat (9/2). Guna mendukung kegiatan tersebut, pihak PLN bekerjasama dengan Basarnas, Dinas Pol PP dan Damkar Kota Bima.

Gelar Simulasi Kesiapsiagaan, PT PLN Gandeng Basarnas, Pol PP dan Damkar - Kabar Harian Bima
Simulasi kesiapsigaan digelar PT PLN Bima. Foto: Dok PLN

Kegiatan simulasi itu juga merupakan rangkaian dari jadwal kegiatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, yang diselenggarakan PT PLN di seluruh Indonesia. Kegiatan itu diikuti seluruh pegawai PLN Area Bima, serta satuan pengaman yang bertugas di kantor PLN Area Bima.

Gelar Simulasi Kesiapsiagaan, PT PLN Gandeng Basarnas, Pol PP dan Damkar - Kabar Harian Bima

Manajer PT PLN Area Bima, Dony N Gustiarsyah dalam sambutannya menyampaikan, pengetahuan atas kesiapsiagan dan tanggap darurat atas kejadian yang dapat membahayakan kesehatan dan jiwa manusia itu sangat penting untuk dipelajari.

Melalui pelatihan tersebut, pihaknya berharap dapat menambah pengetahuan peserta simulasi atas pentingnya bekerja dengan budaya. Karena setiap memulai pekerjaan, harus memiliki budaya K3 agar dapat menjalankan tugas dengan baik serta aman dalam melaksanakan pekerjaan.

“Pelatihan ini untuk membentuk sikap siaga dalam menghadapi situasi yang bisa berbahaya saat melaksanakan tugas di lapangan,” katanya.

Dalam simulasinya, seorang pekerja jaringan listrik terkena sengatan listrik ketika sedang bekerja di atas tiang listrik. Dalam kegiatan ini peserta diberi teknik sederhana menurunkan korban menggunakan peralatan pertolongan di ketinggian.

Peserta juga diberi kesempatan untuk mencoba melakukan teknik seperti yang telah diajarkan agar dapat lebih mengerti fungsi dan kegunaan peralatan yang digunakan ketika menolong korban.

*Kahaba-04